PERLINDUNGAN EKSTRA KETAT



Zakharia 12 : 1-6

Ucapan ilahi.

1 Firman Tuhan tentang Israel: Demikianlah firman Tuhan yang membentangkan langit dan yang meletakkan dasar bumi dan yang menciptakan roh dalam diri manusia: 2 ”Sesungguhnya Aku membuat Yerusalem menjadi pasu yang menyebabkan segala bangsa di sekeliling menjadi pening; juga Yehuda akan mengalami kesusahan ketika Yerusalem dikepung. 3 Maka pada waktu itu Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu untuk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya pastilah mendapat luka parah. Segala bangsa di bumi akan berkumpul melawannya. 4 Pada waktu itu, demikianlah firman Tuhan, Aku akan membuat segala kuda menjadi bingung, penunggangnya menjadi gila. Atas kaum Yehuda, Aku akan membuka mata-Ku, tetapi segala kuda bangsa akan Kubuat menjadi buta. 5 Sesudah itu kaum-kaum di Yehuda akan berkata dalam hatinya: Penduduk Yerusalem mempunyai kekuatan oleh karena Tuhan semesta alam, Allah mereka. 6 Pada waktu itu Aku akan membuat kaum-kaum di Yehuda seperti anglo berapi di tengah-tengah timbunan kayu dan seperti suluh berapi di tengah-tengah timbunan bulir gandum; api keduanya akan menjilat ke kanan dan ke kiri segala bangsa di sekeliling, tetapi Yerusalem selanjutnya akan tetap tinggal di tempatnya yang dahulu.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


Grup Boyband ternama One Direction mendapatkan perlindungan dan pengamanan ekstra ketat ketika mereka melakukan “concert tour” ke Mexico. Security manager grup vocal yang sering disebut “The boys” ini bahkan tidak sungkan membawa senjata api untuk proses pengamanan tersebut. Dia mengatakan bahwa perlindungan ekstra ketat seperti ini dibutuhkan ketika konser diadakan di negara-negara dengan tingkat bahaya yang tinggi.


Perlindungan ekstra ketat juga dilakukan Tuhan terhadap Israel, Yehuda dan secara khusus Yerusalem. Pembacaan perikop kitab Zakharia pasal 12 hari ini dibuka dengan pernyataan tentang kebesaran Tuhan. Dialah yang membentangkan langit dan meletakkan dasar bumi serta yang menciptakan roh dalam diri manusia (ayat 1). Dengan kuasa yang maha dahsyat tersebut Tuhan melindungi umat-Nya dari segala bangsa di sekelilingnya (ayat 2-5). Bahkan pada ayat 6 dinyatakan bahwa Yehuda akan dibuat Tuhan seperti anglo berapi di tengah-tengah timbunan kayu. Yehuda juga akan dibuat seperti suluh berapi di tengah-tengah timbunan bulir gandum. Api keduanya akan menjiat ke kanan dan ke kiri segala bangsa di sekelilingnya.


Sobat Teruna, ketika Tuhan berjanji memulihkan umat-Nya, maka Dia akan melindungi mereka dengan ke-Mahakuasaan-Nya. Saat ini kita masih berjuang melawan pandemi Covid 19 dan keterpurukan kondisi ekonomi yang diakibatkan olehnya. Walaupun demikian, yakinlah bahwa Tuhan akan segera memulihkan keberadaan kita umat-Nya. Tuhan akan menjaga dan mengawal kita dengan sistem perlindungan ekstra ketat yang mendatangkan rasa aman serta tentram. Karena itu, serahkanlah segala kekuatiran Sobat Teruna kepada Tuhan. Percayalah bahwa Tuhan yang adalah Sumber segala berkat akan memelihara Sobat Teruna dalam mengarungi setiap badai kehidupan. Jadi tetaplah berpegang teguh pada janji penyertaan Tuhan! (VS)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Syukur ya Tuhan atas perlindungan-Mu bagi hidupku. Mohon peliharalah imanku agar tetap teguh berpegang pada janji penyertaan-Mu.