PERLU ADA PENGAWASAN DALAM HIDUP


Ezra 8 : 31-34


31 Kemudian berangkatlah kami dari sungai Ahawa pergi ke Yerusalem pada tanggal dua belas bulan pertama untuk berjalan ke Yerusalem, dan tangan Allah kami melindungi kami dan menghindarkan kami dari tangan musuh dan penyamun. 32 Maka tibalah kami di Yerusalem. Sesudah kami tinggal di sana selama tiga hari, 33 maka pada hari yang keempat ditimbanglah perak dan emas dan perlengkapan-perlengkapan itu di dalam rumah Allah kami di bawah pengawasan imam Meremot bin Uria, yang didampingi oleh Eleazar bin Pinehas, dan mereka dibantu oleh Yozabad bin Yesua dan Noaja bin Binui, orang-orang Lewi. 34 Semuanya dihitung dan ditimbang kembali, dan jumlah timbangannya dibukukan.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Firman TUHAN pada hari ini menyampaikan kepada kita bahwa ketika Ezra tiba di Yerusalem semua perak dan emas dan perlengkapan peribadahan ditimbang. Proses penimbangan tidak dilakukan secara mandiri oleh Ezra. Hal itu dilakukan di Bait Tuhan dan di bawah pengawasan imam. Tujuannya agar semua yang dipergunakan untuk peribadahan memiliki ukuran dan berat yang sesuai. Penimbangan yang dilakukan dapat dilihat juga sebagai sebuah usaha untuk menjaga kepercayaan dan tanggungjawab yang diterima oleh Ezra, ketika dia serta rombongan melakukan perjalanan pulang ke Yerusalem.


Pengawasan yang dilakukan oleh para imam adalah terkait dengan barang bawaan Ezra maupun asal muasal barang-barang yang akan dipergunakan dalam peribadahan. Kesan yang muncul ialah para imam tetap harus memerhatikan semua barang yang dibawa dengan seksama. Kesan lain yang nampak adalah bahwa ucapan saja dari Ezra dan rombongan tentang barang bawaan tidaklah cukup, semuanya harus ditimbang dengan sangat baik. Ezra pun melakukannya untuk menjaga kepercayaan yang diberikan kepadanya.


Hal yang sama juga terjadi dalam kehidupan kita bahwa belanja segala sesuatu, apalagi untuk keperluan Gereja, termasuk Pelkat harus disertai dengan kwitansi. Kalaupun kita membeli buah di supermarket atau daging apa pun di pasar tradisional harus ditimbang. Proses penimbangan harus dilakukan secara bersama supaya informasi tentang berat barang tersebut sama-sama diketahui dengan benar.


Firman TUHAN pada hari ini mau mengingatkan kita bahwa menjaga kepercayaan dalam hidup sangat penting. Selain itu dalam hidup kita juga perlu ada pengawasan agar kepercayaan dan kejujuran tetap terpelihara, khususnya dalam peribadahan. Pengawasan dilakukan supaya ketertiban hidup dapat terjaga. Ingatlah bahwa hidup kita ada dalam pengawasan Tuhan, maka berhati-hatilah. (DH)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


TUHAN, aku tahu bahwa Engkau mengawasi setiap gerak-gerik. Mohon berikanlah hikmat agar gerak-gerikku mendatangkan berkat bagi kehidupan ini, juga memperlihatkan ketulusan hati yang sesuai kehendak-Mu.