PERSIAPKAN CITA-CITAMU DENGAN BAIK


1 Tawarikh 28: 1-3

1 Daud mengumpulkan di Yerusalem segala pembesar Israel, yakni para kepala suku, para pemimpin rombongan orang-orang yang melayani raja, para kepala pasukan seribu dan kepala pasukan seratus, serta para kepala harta benda dan ternak kepunyaan raja dan anak-anaknya; bersama-sama mereka juga para pegawai istana dan para perwira dan semua pahlawan yang gagah perkasa. 2 Lalu berdirilah raja Daud dan berkata: ”Dengarlah, hai saudara-saudaraku dan bangsaku! Aku bermaksud hendak mendirikan rumah perhentian untuk tabut perjanjian Tuhan dan untuk tumpuan kaki Allah kita; juga aku telah membuat persediaan untuk mendirikannya. 3 Tetapi Allah telah berfirman kepadaku: Engkau tidak akan mendirikan rumah bagi nama-Ku, sebab engkau ini seorang prajurit dan telah menumpahkan darah.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia




Tidak selalu rencana atau cita-cita seseorang yang baik dan berguna dapat terwujud. Begitulah yang dialami dan dihadapi oleh Raja Daud. Walaupun ia mempunyai kuasa dan kemampuan untuk mewujudkan pembangunan Bait Suci, tetapi Allah tidak berkenan dia yang melakukan rencana tersebut. Meskipun demikian, sebelum wafat, Raja Daud mengumpulkan semua orang-orang penting di kerajaan dan berpesan agar mereka membantu Salomo anaknya, yang dipilih Allah untuk melakukan pembangunan Bait Suci. Semua orang atau pihak mesti bekerja sama karena itu adalah modal yang penting. Tanpa kerja sama yang baik, pembangunan Bait Suci itu sulit terwujud. Raja Daud pun telah mempersiapkan rancangan Bait Suci dan material-material bangunannya yang diperlukan. Itulah sumbangsih Raja Daud dalam mendukung pembangunan Bait Suci tersebut.


Sobat teruna, tentu memiliki rencana dan cita-cita yang ingin diwujudkan untuk membangun diri dan masa depan dalam kehidupan ini. Tentunya pihak orang tua mempunyai peran yang sangat besar. Walaupun cita-cita itu untuk dan akan terwujud di masa depan, tetapi persiapannya sudah harus dilakukan sejak saat ini, supaya tidak terlambat. Karena itu, sebagaimana Daud telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk pembangunan Bait Suci -- dan memang bukan dia yang melakukan pekerjaan tersebut-, tetapi langkah yang telah dilakukannya sangat berarti dan penting. Begitu juga yang harus Sobat Teruna lakukan. Pasti orang tua pun akan berusaha sedemikian rupa untuk mendukung terwujudnya rencana atau cita-cita Sobat Teruna itu. Namun demikian ingatlah bahwa Sobat Teruna pun harus menunjukkan peran dan tanggung jawab yang baik dan benar dalam mempersiapkan diri untuk mencapai cita-cita itu. Sobat Teruna pasti bisa! (JYK)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Allah, tolong aku dalam mempersiapkan diri untuk mewujudkan maksud dan rencana-Mu bagi cita-citaku di masa depan serta mohon berkatilah juga orangtua maupun semua pihak yang membantuku.



© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon