top of page

"POLA HIDUP"



 

Amos 7 : 16-17


16 Maka sekarang, dengarlah firman TUHAN! Engkau berkata: Janganlah bernubuat menentang Israel, dan janganlah ucapkan perkataan menentang keturunan Ishak. 17 Sebab itu beginilah firman TUHAN: Isterimu akan bersundal di kota, dan anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan tewas oleh pedang; tanahmu akan dibagi-bagikan dengan memakai tali pengukur, engkau sendiri akan mati di tanah yang najis, dan Israel pasti pergi dari tanahnya sebagai orang buangan."


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, seorang Artis Indonesia divonis diabetes akut (tingginya kadar gula dalam darah) dan membuatnya harus dirawat cukup lama di rumah sakit. Dalam wawancaranya ia mengungkapkan penyakitnya ini disebabkan kegemarannya meminum teh kemasan dan sangat jarang meminum air putih. Awalnya memang tidak terasa karena usia yang masih muda, namun ketika usia semakin bertambah dan pola hidup tidak diubah maka dia harus menanggung akibatnya. Dia harus menerima kenyataan, penyakit diabetes ada dalam tubuhnya.


Sobat Teruna, bacaan Alkitab hari ini adalah bagian dari ucapan Amos kepada Amazia sebagai penegasan karena penolakan Amazia terhadap nubuat Amos. Amazia merasa bahwa Israel mendapat perlindungan khusus dari Allah, jadi tidak mungkin akan terjadi hal buruk atas mereka. Amazia tidak memahami dengan baik bahwa keberadaan sebagai umat pilihan seharusnya diikuti dengan sikap taat hanya kepada kehendak Tuhan. Kejahatan yang mereka lakukan, semakin lama semakin menumpuk dan mereka tidak melakukan pertobatan. Hingga akhirnya Amazia dan juga bangsa Israel harus menanggung akibat dari perbuatan mereka. Melalui nubuat Amos mereka akan tercerai-berai dan akan pergi dari tanahnya serta hidup sebagai orang buangan.


Sobat Teruna, hal yang perlu kita pahami bersama bahwa apa yang kita lakukan saat ini, pasti berpengaruh pada kehidupan kita nanti. Mari pastikan kehidupan kita sudah baik seturut dengan kehendak Allah dan juga usahakan hidup kita berguna bagi sesama. Jangan kita merasa masih muda, lalu kesempatan hidup masih panjang. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari. Maka persiapkan diri sebaik mungkin, perhatikan pola hidup kita dan tunjukkan bahwa hidup dan karya kita hanya untuk memuliakan Allah. (FAEL)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Doa: Ya Tuhan, bimbing aku supaya selalu hidup di dalam kebenaran-Mu.


bottom of page