RAJA DAMAI



 

Yesaya 11 : 1-5

1 Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai,

dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.

2 Roh Tuhan akan ada padanya,

roh hikmat dan pengertian,

roh nasihat dan keperkasaan,

roh pengenalan dan takut akan Tuhan;

3 ya, kesenangannya ialah takut akan Tuhan.

Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja

atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.

4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan,

dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran;

ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat,

dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.

5 Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan,

seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, bayangkan ketika dalam keadaan jatuh, kalah atau putus asa, tiba-tiba ada berita baru yang menjanjikan adanya harapan yang baik dan pasti bagi kita. Apa yang kita rasakan bila hal itu yang menjadi pengalaman hidup yang nyata? Tentunya perasaan sukacita, senang dan bersemangat untuk menjalani hidup muncul kembali.


Di tengah-tengah berita nubuatan tentang kejatuhan bangsa Israel dan hukuman Tuhan yang akan mereka terima, nabi Yesaya menyampaikan kabar baik. Ia bernubuat bahwa Tuhan akan menghadirkan seorang raja dari keturunan Isai bagi bangsa Israel. Raja ini sangat istimewa. Karena raja itu ada dalam kuasa dan bimbingan Tuhan. Ia bukan sementara memerintah, tapi selamanya. Raja itu dikuasai dengan roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan Tuhan. Semua ini menggambarkan bahwa raja yang baru ini berbudi dan bijaksana, pintar mengambil keputusan dan takut kepada Tuhan. Raja ini juga akan bertindak sebagai hakim yang adil dan jujur. Ia membela orang-orang yang tertindas, lemah dan miskin. Sebaliknya, orang yang jahat akan dihukum sesuai perbuatannya. Raja ini tidak akan menyimpang dari ajaran Tuhan. Dalam pemerintahan-Nya akan tercipta kedamaian bagi makhluk ciptaan-Nya. Inilah gambaran Raja damai yang akan hadir dan memerintah bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain.


Sobat Teruna, di minggu Adven IV ini kita semua diingatkan bahwa akan hadir Raja damai yang memerintah dengan adil dan bijaksana. Dialah Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita. Marilah tetap menjalani hidup dengan taat dan setia kepada Yesus Kristus Sang Juruselamat dunia, sambil menanti kedatangan-Nya kembali yang menyelamatkan kita, anak-anak-Nya dan semua orang percaya. (EPSPM)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan, aku bersyukur atas kehadiran Raja damai yang memerintah dan menghadirkan keselamatan bagi dunia.