top of page

RANCANGAN TUHAN TETAP TERBAIK



 

Kejadian 46 : 8-27

8 Inilah nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir, yakni Yakub beserta keturunannya. Anak sulung Yakub ialah Ruben. 9 Anak-anak Ruben ialah Henokh, Palu, Hezron dan Karmi. 10 Anak-anak Simeon ialah Yemuel, Yamin, Ohad, Yakhin dan Zohar serta Saul, anak seorang perempuan Kanaan. 11 Anak-anak Lewi ialah Gerson, Kehat dan Merari. 12 Anak-anak Yehuda ialah Er, Onan, Syela, Peres dan Zerah; tetapi Er dan Onan mati di tanah Kanaan; dan anak-anak Peres ialah Hezron dan Hamul. 13 Anak-anak Isakhar ialah Tola, Pua, Ayub dan Simron. 14 Anak-anak Zebulon ialah Sered, Elon dan Yahleel. 15 Itulah keturunan Lea, yang melahirkan bagi Yakub di Padan-Aram anak-anak lelaki serta Dina juga, anaknya yang perempuan. Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah tiga puluh tiga jiwa. 16 Anak-anak Gad ialah Zifyon, Hagi, Syuni, Ezbon, Eri, Arodi dan Areli. 17 Anak-anak Asyer ialah Yimna, Yiswa, Yiswi dan Beria; Serah ialah saudara perempuan mereka; dan anak-anak Beria ialah Heber dan Malkiel. 18 Itulah keturunan Zilpa, yakni hamba perempuan yang telah diberikan Laban kepada Lea, anaknya perempuan, dan yang melahirkan anak-anak bagi Yakub; seluruhnya enam belas jiwa. 19

Anak-anak Rahel, isteri Yakub, ialah Yusuf dan Benyamin. 20 Bagi Yusuf lahir Manasye dan Efraim di tanah Mesir, yang dilahirkan baginya oleh Asnat, anak perempuan Potifera, imam di On. 21 Anak-anak Benyamin ialah Bela, Bekher, Asybel, Gera, Naaman, Ehi, Rosh, Mupim, Hupim dan Ared. 22 Itulah keturunan Rahel, yang telah lahir bagi Yakub, seluruhnya berjumlah empat belas jiwa. 23 Anak Dan ialah Husim. 24 Anak-anak Naftali ialah Yahzeel, Guni, Yezer dan Syilem. 25 Itulah keturunan Bilha, yakni hamba perempuan yang diberikan Laban kepada Rahel, anaknya yang perempuan dan yang melahirkan anak-anak itu bagi Yakub--seluruhnya berjumlah tujuh jiwa. 26 Semua orang yang tiba di Mesir bersama-sama dengan Yakub, yakni anak-anak kandungnya, dengan tidak terhitung isteri anak-anaknya, seluruhnya berjumlah enam puluh enam jiwa. 27 Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, pernahkah merasa sebal karena rencana yang sudah disusun sedemikian rupa, rapi dan teliti ternyata harus diubah karena satu dan lain hal? Misalnya ketika sebelum masa pandemi, mungkin kita sudah punya banyak rencana. Namun pandemi membuat segala sesuatunya berubah karena berbagai aturan. Wajar saja kita merasa kesal karena manusia memang cenderung menyukai hal-hal yang pasti. Ketika ada perubahan besar secara tiba-tiba, itu sangat memengaruhi suasana hati manusia.


Yakub mungkin tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa di masa lanjut usianya dia harus melakukan migrasi. Yakub bermigrasi karena desakan situasi kelaparan hebat masih melanda negerinya dan dia pun harus memenuhi undangan Firaun. Selain itu ia juga sangat ingin berjumpa dengan Yusuf yang telah terpisah puluhan tahun dengannya. Berangkatlah Yakub dengan segala miliknya dan seluruh keluarganya berjumlah tujuh puluh jiwa. Menariknya, ia tidak bersungut-sungut meski di masa usia lanjutnya harus keluar dari zona nyamannya. Kepindahan Yakub menegaskan kembali janji berkat Allah kepada Abraham dan keturunannya yang akan menjadi bangsa yang besar. Kepindahan Yakub ke Mesir beserta seluruh keluarganya bisa dimaknai sebagai rangkaian dari perwujudan rancangan Allah atas dirinya dan keturunannya.


Sobat Teruna mungkin punya banyak harapan dan cita-cita untuk hari depan. Penting untuk disadari bahwa perjalanan kehidupan kita bisa saja tidak seperti yang diharapkan. Namun percayalah, Allah memiliki rancangan terbaik yang Ia persiapkan untuk kita. Jadi lebih baik kita tidak membuang energi untuk marah dan kecewa. Alangkah baiknya energi kita difokuskan untuk berdoa dan mengerjakan tugas tanggung jawab dengan sebaik-baiknya karena percaya ada janji Allah yang indah bagi setiap anak-anak-Nya. (DNU)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Tuhan, mohon ajarlah aku untuk selalu mengimani bahwa rancangan-Mu adalah yang terbaik. Tolong aku selalu setia dan taat sebagai anak-anakMu.

bottom of page