REGULER IN THE IRREGULER WORLD


Ulangan 22 : 6-8

6 Apabila engkau menemui di jalan sarang burung di salah satu pohon atau di tanah dengan anak-anak burung atau telur-telur di dalamnya, dan induknya sedang duduk mendekap anak-anak atau telur-telur itu, maka janganlah engkau mengambil induk itu bersama-sama dengan anak-anaknya. 7 Setidak-tidaknya induk itu haruslah kaulepaskan, tetapi anak-anaknya boleh kauambil. Maksudnya supaya baik keadaanmu dan lanjut umurmu. 8 Apabila engkau mendirikan rumah yang baru, maka haruslah engkau memagari sotoh rumahmu, supaya jangan kaudatangkan hutang darah kepada rumahmu itu, apabila ada seorang jatuh dari atasnya.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974,2018.


Sobat Teruna, table manner adalah tata cara makan dalam jamuan resmi. Semua serba diatur. Misalnya, penempatan sendok dan garpu, dimulai dari yang terbesar hingga terkecil. Bagaimana mengangkat gelas, memegang sendok, garpu dan pisau bahkan cara makan dan mengunyah makanan ada aturannya.


Kalau manusia sangat peduli tentang hal detil seperti itu, apalagi Allah. Allah sangat memerhatikan segala kebutuhan kita sampai kepada hal yang terkecil sekali pun bahkan untuk hal-hal yang sangat detil dan rinci. Ini terlihat dari perikop bacaan Alkitab beberapa hari ke belakang termasuk sekarang. Allah mengatur kehidupan Bangsa Israel yang masuk dalam Tanah Perjanjian, termasuk bagaimana mereka harus bersikap terhadap makhluk ciptaan-Nya. Allah berfirman bahwa apabila dalam perjalanan Bangsa Israel menemui sarang burung di salah satu pohon atau di tanah dengan anak-anak burung atau telur-telur di dalamnya dan induknya sedang duduk mendekap anak-anak atau telur-telur itu, maka mereka tidak diperbolehkan mengambil induk burung itu bersama-sama dengan anak-anaknya. Hal ini dilakukan agar terjadi keberlangsungan kehidupan di alam. Begitu pun ketika mereka mendirikan rumah yang baru. Mereka harus memagari sotoh rumah tersebut, supaya aman bagi orang lain dan menghindari kecelakaan bahkan kehilangan nyawa seseorang. Atap rumah atau sotoh yang kebanyakan berbentuk datar dapat digunakan untuk berbagai hal, termasuk berjalan di atasnya. Jadi, apabila tidak ada pagar, seseorang yang berada di atasnya dapat terjatuh dan terluka bahkan meninggal dunia.


Sobat Teruna, Allah sungguh peduli kepada kita. Allah sudah mengatur segala sesuatunya untuk kebaikan kita. Allah merancangkan semuanya agar kita berdamai dengan alam dan sesama. Mari hidup teratur di tengah dunia yang menawarkan ketidakteraturan. (LLS)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Allah, tolong ajar aku untuk mengerti segala aturan-Mu, sehingga diriku hidup di bawah tuntunan Firman-Mu. Aku juga mau belajar mendisiplinkan diriku sedari dini. Tolong aku ya Allah.