top of page

RENCANA AGUNG ALLAH


 

Yohanes 1: 14

14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


 

Menjelang hari-hari akhir di tahun 2020, kita diajak untuk menerungkan apa arti hidup ini. Sebuah lagu rohani Kristen menyatakan hidup ini adalah kesempatan untuk melayani Tuhan. Benar sekali, hidup ini adalah kesempatan untuk memuliakan dan melayani Tuhan. Di samping itu hidup ini adalah anugerah Tuhan. Kita berada di dunia karena rencana dan anugerah Tuhan. Mau kita apakan rencana dan anugerah Tuhan itu?


Injil Yohanes 1:14 menyatakan bahwa firman Allah yang menjadi sarana untuk menjadikan langit dan bumi serta segala isinya, yang berkuasa, kreatif juga dinamis, kini mewujud, menjelma menjadi manusia di dalam diri Yesus Kristus. Alam pikiran Yunani maupun Yahudi pada waktu itu serta semua orang yang bukan Kristen tidak mau dan tak dapat menerima ajaran iman Kristen seperti ini. Padahal Allah berkuasa masuk dalam kehidupan kita. Sesungguhnya, yang ilahi dapat muncul di dalam ruang dan waktu. Firman yang menjadi manusia bukan sekadar cara Allah menyapa dan menuntun manusia pada kehendak-Nya. Ia juga mengajak manusia menjadi partner/mitra-Nya demi keselamatan dunia. Pengertian tentang firman Allah yang berwujud manusia merupakan hal baru dan sangat mengagetkan. Karena itu banyak orang, termasuk gereja tertentu hingga sekarang ini tidak mau mempercayainya.


Dalam rencana agung Allah, para teruna GPIB diajak berkarya dengan peran sebagai mitra-Nya. Supaya peran ini dapat dijalani dengan efektif, teruna mesti membina diri sedemikian rupa dan terus-menerus. Pandanglah, pakailah dan jadikanlah tantangan serta rintangan yang akan dihadapi sebagai motivasi serta daya gerak yang menyemangati. Tantangan jangan dipahami sebagai yang ingin menghalangi atau menggagalkan karya kita sebagai mitra Allah. Sobat Teruna pasti bisa! (JYK)



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, aku percaya bahwa Engkau adalah Firman yang menjelma menjadi manusia. Tolong aku, agar mampu berperan sebagai mitra-Mu untuk menjalankan rencana Agung Bapa di dunia ini.

Comments


bottom of page