RENCANAKU BAIK, RENCANA TUHAN LEBIH BAIK



 


Amsal 16 : 1-3



1 Manusia dapat menimbang-nimbang dalam hati, tetapi jawaban lidah berasal dari pada Tuhan. 2 Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati. 3 Serahkanlah perbuatanmu kepada Tuhan, maka terlaksanalah segala rencanamu.



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.



 

Sobat Teruna , selamat memasuki weekend . Apa rencana Sobat Teruna di hari ini ? Jalan - jalan , menonton film favorit , tidur , berkumpul dengan keluarga , atau ikut kegiatan di gereja . Wah , seru ya ! Banyak dari kita sering merencanakan weekend ya , bahkan tiap - tiap hari dalam hidup , termasuk masa depan . Mau lanjut di SMA atau Kejuruan tertentu ? Mau belajar atau bekerja ? Bahkan rencana rencana lainnya .


Manusia tentunya boleh sekali merencanakan hidupnya , tetapi Tuhan yang memberikan keputusan atas rencana - rencana tersebut , hal ini yang kita lihat dalam bacaan kita . Dalam tiap rencana manusia tentunya berisi hal - hal yang baik menurut pemahaman manusia , tetapi yang mengerti hal yang baik untuk manusia hanyalah Tuhan . Kita diberikan pilihan untuk memilih dan merencanakan hidup kita , tetapi perlu kita ingat bahwa hidup kita berasal dari Tuhan . Maka dari itu , dalam tiap rencana , manusia hendaknya melibatkan Tuhan dan mempercayakannya kepada Tuhan . Ayat 3 menyampaikan , jika kita melibatkan Tuhan dan mempercayakan rancangan kita kepadaNya maka kita akan berhasil melaksanakanya ( BIMK ) , atau yang terbaik akan terlaksana dan diberkati Tuhan .


Sobat Teruna , Roma 8:28 menyampaikan bahwa yang terjadi dalam hidup manusia adalah bagian dari Pekerjaan Allah untuk mendatangkan kebaikan bagi kita . Jika rencana baik telah kita rencanakan untuk kehidupan kita , rencana Tuhan tentunya lebih baik untuk kita . Apapun yang terjadi dalam hidup kita , baik itu di luar rencana , bahkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan , ingatlah bahwa Tuhan memberikan kita yang terbaik untuk membawa kita lebih bersandar hanya kepadaNya . Serahkan setiap rencana sekarang dan seterusnya kepada Tuhan , maka yang terbaik Dia berikan bagimu . (EEP/es)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Aku menyerahkan seluruh rencanaku padaMu Tuhan karena rencana Tuhan adalah rencana terbaik untuk hidupku .