top of page

RENDAH HATI DAN BERSYUKUR



 

Mazmur 103 : 1-2

1 Dari Daud.


Pujilah Tuhan, hai jiwaku!

Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!

2 Pujilah Tuhan, hai jiwaku,

dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, siapa di antara kita yang senang mendapatkan pujian jika telah melakukan suatu kebaikan untuk orang lain? Pujian akan membuat kita merasa bangga terhadap diri sendiri dan memotivasi untuk melakukan kebaikan yang lain. Namun ada hal yang perlu untuk kita perhatikan dan waspadai ketika kita mendapatkan pujian yang berlebihan, yaitu kesombongan. Orang yang sombong akan membanggakan diri sendiri dan dapat merendahkan orang lain. Orang yang sombong menganggap dirinya dapat mengerjakan segala sesuatu tanpa bantuan yang lain. Bahkan kesombongan dapat membuat seseorang melupakan kebaikan orang lain. Parahnya, orang yang sombong lupa mengucap syukur kepada Tuhan atas pertolongan-Nya dalam kehidupan ini.


Sobat Teruna, Daud juga pernah dipuji oleh bangsa Israel ketika dirinya berhasil mengalahkan bangsa Filistin. Dalam 1 Samuel 18:7 dinyatakan,"Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa." Pujian ini sebenarnya bisa membuat Daud menjadi seorang yang congkak atau sombong. Namun Daud justru selalu mengingat kebaikan Tuhan. Daud menyadari bahwa kebaikan dan pertolongan Tuhan sajalah yang sebenarnya membuat dirinya berhasil dalam memimpin bangsa Israel. Kebaikan Tuhan itulah yang membuat Raja Daud menaikkan pujian kepada-Nya.


Sobat Teruna yang terkasih, ada dua hal penting yang perlu kita perhatikan dalam firman Tuhan pada saat ini. Pertama, ingatlah bahwa dalam setiap keberhasilan ada tangan Tuhan yang selalu menopang dan membuat kita berhasil. Tuhan-lah yang seharusnya kita puji dan muliakan dalam kehidupan ini. Janganlah lupakan kebaikan Tuhan. Tanpa perkenanan dan pertolongan Tuhan, kita tidak dapat berbuat apa pun. Kedua, tetaplah rendah hati dan tidak lupa berterima kasih kepada orang-orang yang Tuhan pakai untuk membantu dan menolong kita. (DAB)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, mohon buatlah aku rendah hati dengan mengingat kebaikan orang lain terlebih pertolongan-Mu.








Comments


bottom of page