top of page

Roh Kudus yang Selalu Ada










 

1 Yohanes 4 : 1 - 6


1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. 2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, 3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia. 4 Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. 5 Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka. 6 Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 


Pernahkah Sobat Teruna melihat iklan promosi seperti ini "Sale Up to 70%"? Apa yang terlihat sekilas bahwa itu adalah promo yang menarik, bukan? Lalu pastinya sobat teruna akan berusaha mencari tahu atau melihat produk tersebut. Setelah melihat maka biasanya akan bertanya atau mencari tahu. Tapi ternyata ada syarat-syarat tertentu yang ditulis dalam tulisan kecil, biasanya ditaruh di pojok kanan atau kiri bawah. Syarat yang dibuat itu terkadang atau sering mengecoh. Pada akhirnya Sobat Teruna tidak jadi membeli.


Dalam perikop ini, Yohanes mau mengingatkan, kita harus menguji setiap pengajaran yang diterima atau yang disampaikan oleh guru-guru atau penceramah. Mengapa? Karena ada orang yang mengaku sebagai murid Kristus, tetapi ajarannya menyesatkan dengan mengatakan bahwa Yesus bukan Manusia.

Yesus Kristus adalah Juruselamat, yang datang ke dunia sebagai Manusia, sehingga memahami manusia yang terjerumus dalam dosa.


Ingat Sobat Teruna, ada Roh Kudus yang Tuhan telah utus sebagai Penolong dan Penuntun hidup Sobat Teruna. Jangan pernah lupa bahwa ada Roh yang Tuhan utus untuk mendampingi sobat Teruna dalam masa muda. Mintalah selalu kepada Roh Kudus, agar sobat Teruna mampu dan mengerti Firman yang disampaikan oleh orang-orang yang mengaku sebagai guru-guru atau pengajar-pengajar.

(CGM/sh)

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, mampukan aku mengerti dan memahami maksud-Mu dalam kehidupanku, lewat Roh Kudus, maka aku bisa mengerti dan memahami maksud Tuhan dalam hidupku.

bottom of page