top of page

“SAHABAT YANG BAIK”



 

Efesus 1 : 15-16


15 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus, 16 aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku,


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Israel dan Palestina sering ditempatkan dalam hubungan yang saling bermusuhan. Namun, hal ini tidak terjadi dengan Yosef dan Ahmed. Yosef adalah seorang Yahudi yang tinggal di wilayah Israel, sedang Ahmed seorang Muslim yang tinggal di wilayah Gaza, Palestina. Hal yang unik adalah keduanya selalu saling mendoakan. Ketika Yosef berdoa di Tembok Ratapan, ia menyelipkan kertas berisi nama Ahmed di situ. Barangkali itu satu-satunya nama orang Palestina di wilayah Israel. Sebaliknya Ahmed menyebut Yosef dalam doanya ketika bersembahyang. Perbedaan jarak, bangsa, dan agama ternyata tidak dapat memisahkan persahabatan mereka.


Bacaan kita menyebutkan bagaimana Rasul Paulus mengungkapkan rasa rindunya kepada orang-orang Kristen di Efesus. Hal ini wajar karena Rasul Paulus adalah salah satu orang yang ikut merintis pekabaran Injil di kota tersebut. Walaupun saat itu Rasul Paulus tengah berada dalam penjara di Roma, ia tidak pernah berhenti mengingat mereka semua dalam doanya. Semua ini terjadi karena ia mengasihi mereka. Ia mengingat kehadiran mereka sebagai sahabat. Hal ini tentu mengingatkan pada saat Tuhan Yesus sendiri memandang kita sebagai sahabat-sahabatNya. Karena itu, sebagai sahabat, Tuhan Yesus rela memberikan nyawaNya demi menebus dosa-dosa kita.


Sobat Teruna, renungan hari ini mengajarkan bahwa kita perlu bersyukur atas kehadiran sahabat dalam hidup ini. Namun, Tuhan juga mengingatkan agar kita memilih sahabat yang baik agar dapat membantu bertumbuhnya kebaikan pada diri kita. Jangan sampai kita terjerumus dalam dosa karena salah memilih sahabat. Jika Sobat Teruna memiliki sahabat yang baik, jangan lupa untuk mendoakannya selalu. Tetaplah saling membantu dalam hal-hal yang baik sesuai dengan kehendak Tuhan. RAJ

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Doa: “Ya Tuhan terimakasih untuk sahabat-sahabat yang Engkau sudah hadirkan dalam hidupku. Kiranya aku dapat menjadi sahabat yang baik dan menjadi berkat bagi mereka.


Commentaires


bottom of page