SAKSI TUHAN



 

Yesaya 43 : 11-13

11 Aku, Akulah Tuhan

dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

12 Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan,

dan bukannya allah asing yang ada di antaramu.

Kamulah saksi-saksi-Ku,” demikianlah firman Tuhan,

”dan Akulah Allah.

13 Juga seterusnya Aku tetap Dia,

dan tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku;

Aku melakukannya, siapakah yang dapat mencegahnya?”



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, setiap hari kita pasti menyaksikan sesuatu. Artinya, kita pasti melihat suatu peristiwa dari hal yang biasa terjadi sampai yang tidak biasa. Peristiwa-peristiwa yang kita lihat ini dapat menjadi suatu kesaksian. Contohnya, Anton melihat Brian sedang makan. Lalu Anton pergi dan bertemu dengan Carli. Carli bertanya tentang Brian. Kemudian Anton menjawab bahwa Brian sedang makan. Dalam contoh ini, Anton sudah menjadi saksi dari Brian.


Nabi Yesaya menyampaikan kepada bangsa Israel bahwa mereka adalah saksi TUHAN. Meskipun bangsa Israel masih dalam pembuangan di Babel, mereka tetap harus menunjukkan kehidupan beriman yang taat dan setia kepada TUHAN. Mereka tidak boleh mengikuti gaya hidup bangsa Babel yang menyembah berhala. Bangsa Israel telah menyaksikan bagaimana kemahakuasaan Tuhan dengan berbagai peristiwa. Tuhan membebaskan Israel dari berbagai kesulitan dengan cara-Nya yang ajaib. Hal itu tidak akan dapat dilakukan oleh berhala-berhala. Sayangnya, Israel adalah bangsa yang tegar tengkuk. Israel seringkali tidak setia kepada Tuhan. Akibatnya mereka jatuh ke dalam hukuman Tuhan yaitu pembuangan di Babel. Walaupun demikian, Tuhan berfirman melalui nabi Yesaya bahwa Ia akan menyelamatkan lagi Israel, umat pilihan-Nya.


Sobat Teruna, kita tentu pernah mengalami kasih Tuhan. Setiap kita bangun pagi dan bernafas serta beraktivitas itu adalah berkat dari Tuhan. Pertanyaannya, apakah kita sudah menjadi saksi Tuhan? Apakah kebaikan Tuhan itu sudah kita ceritakan atau pun bagikan kepada orang lain? Apakah kita sudah mengucap syukur kepada Tuhan atas kebaikan-Nya dengan berdoa dan beribadah? Kita harus memberitakan kebaikan Tuhan, dalam kata dan tindakan sehari-hari agar orang lain mengenal kuasa serta kasih-Nya, lalu menjadi percaya kepada-Nya sebagai Juruselamat. (BAI)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan, tolong ajarlah aku untuk menjadi saksi atas kasih setia-Mu padaku.