SATU TEAM MATE DENGAN YESUS



 

Lukas 12 : 54-56

54 Yesus berkata pula kepada orang banyak: "Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi.

55 Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi. 56 Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, hampir semua teruna di daerah yang terdampak mengikuti Belajar Dari Rumah (BDR) dan ibadah pun dari rumah. Akan tetapi, kondisi ini tidak membuat kita ‘menyerah’ lalu hidup menyendiri secara total. Banyak teruna berhasil menemukan teman melalui game online. Walaupun tidak terlihat mata, teruna memiliki teman bermain secara beregu (team mates) untuk mengalahkan sekelompok orang lainnya. Tidak hanya dalam game online, permainan beregu ini juga dilakukan oleh teruna yang daerahnya sudah aman dari COVID-19, seperti mencari ikan di sungai, bermain bola, dll. Yang menarik dari permainan beregu ini adalah setiap anggota tim harus mampu membaca situasi: di sebelah mana mereka punya kesempatan untuk menang atau pun dari mana datangnya bahaya. Jika anggota tim dapat membaca situasi dengan tepat maka seluruh tim akan beruntung, menang atau berhasil menyelesaikan misi. Jika salah membaca situasi, seluruh tim akan kalah bahkan bubar.


Dalam bacaan Alkitab ini, Yesus juga menginginkan kita untuk menjadi teman satu regu (team mate) yang mampu membaca situasi. Kita harus mampu melihat: dalam kesempatan apa kita dapat ikut terlibat melayani ataukah kita masih harus sabar menunggu giliran melayani. Kita juga harus dapat membaca kebutuhan orang lain: pelayanan seperti apa yang dibutuhkan orang itu supaya pelayanan yang kita lakukan tidak sia-sia. Tidak hanya itu, kita juga harus dapat mencermati: dalam hal apa kita masih perlu banyak belajar supaya kelemahan kita tidak dijadikan alasan untuk menjatuhkan atau menolak pelayanan kita. Ketika kita salah membaca situasi, Yesus akan selalu sigap untuk menyelamatkan seluruh tim asalkan kita tidak pernah meragukan seruan-Nya. (CCTvM)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus, mohon karuniakan hikmat untuk mengartikan dan memaknai semua yang aku alami menurut kebenaran-Mu.