BERANI BERSAKSI TENTANG NAMA YESUS!


Yohanes 9: 8-12


8 Tetapi tetangga-tetangganya dan mereka, yang dahulu mengenalnya sebagai pengemis, berkata: ”Bukankah dia ini, yang selalu mengemis?” 9 Ada yang berkata: ”Benar, dialah ini.” Ada pula yang berkata: ”Bukan, tetapi ia serupa dengan dia.” Orang itu sendiri berkata: ”Benar, akulah itu.” 10 Kata mereka kepadanya: ”Bagaimana matamu menjadi melek?” 11 Jawabnya: ”Orang yang disebut Yesus itu mengaduk tanah, mengoleskannya pada mataku dan berkata kepadaku: Pergilah ke Siloam dan basuhlah dirimu. Lalu aku pergi dan setelah aku membasuh diriku, aku dapat melihat.” 12 Lalu mereka berkata kepadanya: ”Di manakah Dia?” Jawabnya: ”Aku tidak tahu.”

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Sobat Teruna, apakah kegunaan dari mata? Ini adalah pertanyaan yang sangat mudah. Mata adalah salah satu indra untuk melihat. Tanpa mata, seseorang tidak dapat melihat apa pun yang ada di sekitarnya. Seorang yang tidak dapat melihat disebut sebagai tunanetra. Seseorang bisa kehilangan penglihatan, karena berbagai hal seperti, keadaan dari lahir atau kecelakaan, dll. Ketika seseorang menjadi buta, ia tidak dapat melihat banyak hal. Ia berada dalam kegelapan.


Sobat Teruna, bacaan Alkitab hari ini menceritakan tentang mukjizat yang Tuhan Yesus lakukan kepada seorang pengemis buta. Orang-orang yang mengenal pengemis buta itu merasa tidak percaya. Walaupun demikian, orang tersebut mengakui bahwa dia adalah pribadi yang selama ini mereka kenal sebagai pengemis yang buta. Bahkan pengemis buta itu bersaksi dan mengakui bahwa Tuhan Yesus yang membuat dirinya bisa melihat kembali. Pengakuannya tentang Tuhan Yesus membuktikan bahwa dia percaya kepada-Nya dan kuasa-Nya. Tidak hanya percaya, tetapi ia juga melakukan apa yang Tuhan Yesus katakan (perintahkan) kepadanya.


Sobat Teruna, pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah ini terdapat dalam pengakuan pengemis buta itu. Ia berkata, ”Orang yang bernama Yesus itu…” Pengemis itu mempunyai pilihan antara bersaksi tentang Nama Yesus atau hanya diam tanpa perlu menyebut identitas Sang Penyembuh. Namun demikian, pengemis buta itu memilih yang pertama. Sebagai seorang teruna, kita juga mengenal Tuhan Yesus. Tentu saja, ada banyak hal yang Tuhan Yesus lakukan dalam hidup kita sebagai pengikut-Nya. Pertanyaannya, apakah kita mau untuk menceritakan tentang kebaikan Tuhan Yesus kepada orang lain? Ataukah kita memilih untuk diam dan seolah-olah tidak melihat kebaikan Tuhan dalam hidup ini? (BAI)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong ajarkan aku untuk menceritakan kebaikan-Mu kepada semua orang. Mohon berikan aku keberanian untuk bersaksi tentang betapa besar kasih-Mu kepada seisi dunia ini.