SETIA MENDOAKAN


1 Tesalonika 3:10-11


10 Siang malam kami berdoa sungguh-sungguh, supaya kita bertemu muka dengan muka dan menambahkan apa yang masih kurang pada imanmu. 11 Kiranya Dia, Allah dan Bapa kita, dan Yesus, Tuhan kita, membukakan kami jalan kepadamu.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Apa yang sobat Teruna lakukan saat hati resah karena keinginan belum bisa dipenuhi? Apakah sobat Teruna akan mengeluh, bersedih atau tertekan? Apakah sobat Teruna akan ngotot berusaha, sekalipun tahu bahwa itu tidak ada gunanya? Mari kita belajar dari Rasul Paulus.


Rasul Paulus juga pernah mengalami keresahan. Ia rindu untuk bertemu lagi dengan jemaat di Tesalonika. Ia rindu untuk mengajar lebih dalam lagi segala sesuatu tentang Injil Kristus, tetapi ada rintangan yang membuat dia tidak bisa ke sana. Dalam kerinduannya itu, Rasul Paulus memilih berdoa kepada Tuhan. Ia menyerahkan persoalan ini kepada Tuhan karena hanya Dia yang dapat membuka jalan untuk mereka bisa saling bertemu lagi. Sampai waktunya tiba untuk mereka bertemu lagi, Rasul Paulus sungguh-sungguh mendoakan jemaat di Tesalonika agar hidup dalam kasih persekutuan dan kekudusan. Dengan demikian, ia meyakini bahwa mereka akan dipertemukan dan dipersatukan pada saat Kristus datang kedua kalinya.


Sobat Teruna, ketidakmampuan untuk mewujudkan apa yang diinginkan memang bisa membuat gusar, tapi jangan sampai memicu kekuatiran yang menimbulkan persoalan. Karena itu kita harus setia berdoa kepada Tuhan agar segala rencana dapat diwujudkan-Nya dalam keadaan baik dan benar. Ini adalah kuncinya. Mari kita doakan juga setiap orang yang terlibat di dalamnya dan segala kondisi yang ada agar semuanya dapat diatur sesuai dengan kehendak Tuhan. Dalam doa itu, marilah kita berserah seperti Kristus yang berkata, “Jangan kehendak-Ku, Bapa, melainkan kehendak-Mu yang jadi.” Karena kita percaya bahwa kehendak Tuhan selalu yang terbaik. Rancangan Tuhan adalah yang menghasilkan damai sejahtera, bukan kecelakaan, untuk setiap anak yang setia dan mengandalkan Dia senantiasa. (EHAR)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Tuhan, tolong ajarlah aku untuk selalu menyerahkan segala sesuatu dalam doa kepada-Mu dan biarlah bukan kehendakku yang jadi melainkan kehendak-Mu.