top of page

"SIAP UNTUK MENUAI?"




 


Galatia 6 : 1



7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. 8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.10 Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.



 

Kota Brebes di wilayah Jawa Tengah adalah kota penghasil bawang. Hampir semua para petani di sana menanam bawang, jadi sudah dapat diduga saat hari panen tiba tentunya

para petani di Brebes akan memanen bawang dan bukan mentimun.


Sobat Teruna, saat itu kondisi jemaat Galatia memprihatinkan.,Konfik intemal membuat anggota Jemaat berseteru satu dengan lainnya. Orang Kristen Yahudi berolok — olokan dengan Kristen Yunani. Pertikaian yang terjadi terus menerus telah memadamkan kasih di jemaat. Dampaknya makin besar dan hebat, mereka jadi enggan/ malas berbuat baik tetapi malah berbuat sebaliknya. Kadang situasi dan perlakuan orang kepada kita mempengaruhi kita bertindak. Kalau dia baik maka kita berbuat baik kalau mereka jahat kita juga akan berkelakuan sama. Ingat, kadang kita tidak menyadari bahwa saat itu kita sedang menanam. Sama seperti petani bawang di Brebes, mereka akan menuai apa yang mereka tanam. Paulus mengingatkan jemaat Galatia di ayat 9 bahwa : "Apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai ."


Sobat Teruna, mengasihi adalah ciri utama orang Kristen. Paulus menasehati untuk jangan jemu atau bosan berbuat baik. Ayat ke 10 : “ selama masih ada kesempatan bagi kila, marilah kita berbuat baik... Kila dipacu oleh waktu, kita tdak tahu kapan kesempatan yang diberikan Tuhan akan berakhir, jadi jangan menunda tapi bersegeralah berbuat baik. Ingatlah bahwa tidak perlu berlama - lama memikirkan bagaimana berbuat baik dan

kepada siapa. Berbuat baik idealnya mengalir keluar begitu saja dari dalam hati tanpa harus merancangnya. mur





Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


" Tuhan Yesus, ajar kami untuk memperhatikan apa yang kami tabur dan mampukan kami berdua baik tanpa merancang nya, namun ketulusan yang mengalir ketulusan keluar untuk melakukannya. Amin."

"





Comments


bottom of page