top of page

SIAPA MURID-NYA YANG SEJATI?



 

Yohanes 8 : 30-32

30 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya. 31 Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: ”Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku 32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Seorang murid memiliki hak istimewa untuk belajar dari gurunya. Oleh sebab itu, murid yang baik tidak akan menyia-nyiakan kesempatan belajar dengan giat, sebagaimana yang diajarkan guru kepadanya. Dari guru, murid mendapatkan ilmu pengetahuan. Bukan hanya itu, murid pun mendapatkan teladan dan tuntunan yang memberikan pencerahan bagi dirinya. Guru yang berkualitas baik akan memerhatikan dengan sungguh-sungguh perkembangan murid-muridnya. Ia akan memastikan bahwa murid-muridnya memahami pengajaran yang diberikan dan mampu menerapkan ilmu yang diberikan. Menjadi murid yang baik membutuhkan komitmen dan usaha yang serius. Sebab masa belajar adalah sebuah proses yang panjang dan harus dijalani dengan penuh tanggung jawab. Murid yang sungguh-sungguh mau belajar akan berusaha membiasakan dirinya mengikuti pengajaran gurunya, sekali pun kadang timbul rasa lelah dan bosan. Murid yang baik tak akan berputus asa. Dia akan terus berusaha sampai berhasil.


Yesus Kristus juga dikenal sebagai Guru Agung. Yesus Kristus adalah Guru sejati yang mengajar dan menuntun manusia mengenal kehendak Tuhan. Kita yang telah ditebus dan diselamatkan oleh Tuhan Yesus adalah murid-murid-Nya. Sebagai murid-murid-Nya, kita diajarkan untuk setia mendengarkan dan melakukan ajaran-Nya. Tuhan Yesus menghendaki kita menjadi murid-murid yang berkomitmen dan bertanggung jawab dalam iman kepada-Nya. Itu berarti; semua perkataan, pikiran dan tindakan kita, sepatutnya selaras dengan ajaran Tuhan Yesus. Karena itu, sekali pun kita lelah dan banyak hal yang dapat mengganggu komitmen dalam mengikuti pengajaran Tuhan Yesus, tetaplah hidup dalam tuntunan Firman-Nya. Mari memohon bimbingan Tuhan Yesus, maka Dia akan bertindak sebagai Guru Agung sejati dalam perjalanan hidup kita sebagai murid-Nya. Selamat belajar menjadi murid yang sejati dari Tuhan Yesus. (DSAB)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus, aku bersedia untuk belajar menjadi murid-Mu yang sejati. Tolonglah aku, ya Tuhan.


Comments


bottom of page