top of page

SIAPAKAH SUKU LEWI?



 

I Tawarikh 6 : 48


48 Saudara-saudara sesuku mereka, orang-orang Lewi yang lain, diserahkan melakukan segala pekerjaan di Kemah Suci, rumah Allah.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Lewi adalah anak ketiga dari Yakub dengan Lea; salah satu dari dua belas suku Israel. Anak-anak Lewi ialah Gerson, Kehat dan Merari. Dari keturunan ini kemudian terbentuk keturunan suku Lewi. Ketika umat Israel keluar dari Mesir, suku Lewi tidak mendapat bagian pembagian tanah di Kanaan seperti suku-suku yang lainnya. Hal ini disebabkan suku Lewi memiliki tugas khusus di tengah-tengah umat Israel, yaitu sebagai keluarga imam dan penjaga serta pemelihara rumah Tuhan di Yerusalem. Suku Lewi diberi tanggung jawab untuk melakukan segala pekerjaan di Kemah Suci atau rumah Allah sehingga ketika proses peribadahan yang berlangsung dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan demikian salah satu tugas yang dilaksanakan suku Lewi adalah mempersiapkan segala hal yang diperlukan ketika berlangsungnya ibadah di Kemah Suci (rumah Tuhan) agar umat Israel dapat beribadah dengan baik. Kehadiran suku Lewi di Kemah Suci sangat membantu proses peribadahan yang berlangsung.


Sobat Teruna, demikian halnya di tengah-tengah persekutuan umat Tuhan. Ada orang-orang yang ditunjuk untuk mempersiapkan segala perangkat dalam ibadah di gedung gereja seperti karyawan kantor Majelis Jemaat, Koster, Pendeta, Majelis Jemaat yang bertugas. Kita dukung mereka dalam doa sehingga tugas dan tanggung jawab yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik. Kita juga diingatkan dalam proses kehidupan ini agar dapat senantiasa menjalankan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing sehingga kehadiran kita dalam dunia ini dapat mendatangkan sukacita dan damai sejahtera bagi orang lain dan semuanya demi hormat dan kemuliaan nama Tuhan Yesus. (RM)



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya…Tuhan…terimakasih karena Engkau menghadirkan pelayan-pelayan Tuhan di tengah-tengah persekutuan kami. Kiranya Tuhan memberkati mereka yang ambil bagian dalam pelayanan di Gereja Tuhan sehingga segala bentuk persekutuan, pelayanan dan kesaksian dapat dilaksanakan dengan baik.

Comments


bottom of page