TAAT MENGHADIRKAN BERKAT


 

Amsal 3 : 1-4


1 Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku,

dan biarlah hatimu memelihara perintahku,

2 karena panjang umur dan lanjut usia

serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.

3 Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau!

Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,

4 maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan

dalam pandangan Allah serta manusia.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 


Sobat Teruna yang terkasih, masa muda adalah saat yang paling indah karena pada waktu ini kita memiliki banyak cita-cita. Kita pun bersemangat untuk meraihnya. Karena begitu bersemangatnya, kadang kala kita sampai mengabaikan nasihat dari orang tua dan mengikuti kemauan sendiri. Melalui renungan ini kita kembali diingatkan oleh sang penulis bahwa begitu penting untuk memerhatikan dan menerapkan nasihat orang tua. Kita harus memerhatikan nasihat orang tua yang masih sangat relevan di tengah godaan yang serba instan di dunia ini.


Penulis Amsal pasal ini memberikan nasihat agar setiap anak dapat berlaku taat pada ajaran dan perintahnya. Kita dapat bersikap taat apabila memperoleh hikmat dari Tuhan. Hikmat dari Tuhan menolong kita untuk memperoleh kecakapan dalam meraih hasil. Selain itu, kita pun dapat mengatur perencanaan yang benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kita dapat memperoleh hikmat itu dengan datang kepada Tuhan dan memohon kepada-Nya (Ams 2:6, Yak1:6-7). Dengan demikian sikap taat berkaitan erat dengan hikmat. Hikmat mendorong kita untuk berlaku taat. Melalui pengajarannya ini penulis mengingatkan kita semua bahwa sangat penting dan perlu dikembangkan sikap taat kepada orang tua dan taat kepada Tuhan.

Sobat Teruna, sikap taat kepada orang tua adalah cerminan kita taat kepada Tuhan Sang Sumber berkat. Orang tua dalam setiap keluarga adalah alat di tangan Tuhan untuk mendatangkan kebaikan bagi setiap anak-anaknya. Dengan demikian, kita memahami bahwa usaha dan kerja keras anak-anak untuk berlaku taat akan mendatangkan berkat-berkat Tuhan. Antara lain kehidupan yang lebih lama, sehat, hidup yang lebih sejahtera serta segala sesuatu yang baik dalam pandangan Tuhan dan sesama. (PEJRC)




 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus yang rahmani, mohon karuniakanlah hati yang taat kepada orang tua sebagai cerminan kami menaati-Mu. Mohon bentuklah aku agar menjadi anak yang berbakti.