top of page

TABAH DALAM TEKANAN






 


2 Timotius 3 : 10 - 15


10 Tetapi engkau telah mengikuti ajaranku, cara hidupku, pendirianku, imanku, kesabaranku, kasihku dan ketekunanku. 11 Engkau telah ikut menderita penganiayaan dan sengsara seperti yang telah kuderita di Antiokhia dan di Ikonium dan di Listra. Semua penganiayaan itu kuderita dan Tuhan telah melepaskan aku dari padanya. 12 Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya, 13 sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan. 14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu. 15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Alkitab mencatat perjalanan Rasul Paulus, seorang yang dahulu begitu membenci orang Kristen dan bahkan membunuh orang Kristen. Namun kasih Tuhan Yesus dan jamahan Roh Kudus telah membuatnya menjadi pengikut Kristus yang setia sampai mati. Surat Timotius ini berisi nasihat dari Paulus kepada Timotius untuk selalu tabah dalam memberitakan Injil.


Sobat Teruna, tabah bisa diartikan sebagai kuat maupun tegar. Sebagai contoh, ketika Sobat Teruna harus mendapatkan nilai ujian yang kecil. Pastinya Sobat Teruna merasa sedih dan kecewa. Banyak hal yang Sobat Teruna sebenarnya bisa lakukan untuk mengatasi rasa sedih dan kecewa ini. Pertama, Sobat Teruna mengambil waktu untuk berdoa dan meminta kekuatan untuk bangkit, agar bisa memperbaiki nilai yang kecil dan meminta hikmat Tuhan agar kembali bersemangat belajar. Sobat Teruna, berdoa dan berupaya adalah cara terbaik bagi anak Tuhan dalam menumbuhkan rasa ketabahan, kuat dan tegar. Tidak ada cara lain yang bisa kita lakukan. Setelah berdoa maka kita harus melakukan hal berikutnya. Roh Kudus akan membimbing kita untuk belajar lebih giat dan mungkin salah satu caranya adalah dengan meminta bantuan dari guru dan teman. Jangan pernah ragu meminta pertolongan agar Sobat Teruna bisa bertumbuh dengan lebih baik.


Timotius mendapatkan nasihat dari Rasul Paulus agar tabah dalam memberitakan Injil. Memberitakan Injil bukanlah hal yang mudah dan sudah pasti mendapat tantangan. Timotius harus tabah menghadapi tekanan. Sobat Teruna juga harus tabah menghadapi tantangan di masa kini. Selamat menghadapi tantangan. Selamat menjadi tabah. Selamat untuk setia meminta pertolongan Tuhan. (EHW)

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Bapa Maha Baik, mohon pertolongan dan hikmat-Mu agar aku menjadi anak yang tabah menghadapi tantangan dari dalam diri maupun dari luar diriku.


Comments


bottom of page