TALENTAKU, TALENTAMU, UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA!



 

1 Korintus 12:7-9


7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. 8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. 9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sebuah percakapan di chat room:

Tony : Hi Chris, mengapa tidak pernah lagi gabung latihan gitar?

Chris : Iya nieeee, kelupaan terus, hehehhehe…

Tony : Pasti keasyikan main game tuh..

Chris : Yoiii, tau aja, hehehhee…. asyik sih….tapi bukan hanya main game, aku juga suka browsing tentang perkembangan teknologi informatika buat diterapkan nantinya…

Tony : Wah…,boleh tuh! Ayo gabung di tim multimedia, kamu pasti suka dan bisa lebih mengeksplorasi. Daftar deh…, ‘tuh lihat di warta jemaat ada pengumumannya. Selain itu, kamu bisa kembangkan talenta yang TUHAN berikan, iya kan?

Chris : Oh, iya ya? Boleh juga, jadi walau tidak masuk tim musik, aq bisa terlibat di multimedia ya. Thanks bro’!


Dari percakapan di atas ada dua hal yang dipetik:

1. TUHAN memberikan berbagai talenta (baca: bakat, kemampuan) kepada setiap orang.

2. Talenta yang diberikan perlu dipakai dan dikembangkan juga dalam persekutuan.


“Mengapa talenta harus dikembangkan dalam persekutuan?” Rasul Paulus dalam ayat 8-9 mengungkapkan beberapa karunia khusus yang TUHAN berikan untuk dipakai bagi kepentingan Jemaat Korintus (ayat 7). Tujuan pemberian itu agar dapat menjadi berkat bagi sesama dalam persekutuan. Hal ini ditegaskan Paulus terkait munculnya benih perpecahan karena adanya persaingan di antara anggota jemaat terkait karunia yang diterima. Paulus mengingatkan bahwa Roh Kudus memberikan karunia untuk dipakai demi kepentingan bersama.


Sobat teruna, mari melakukan hal di bawah ini:

1. Memakai talenta yang TUHAN berikan dalam persekutuan agar menjadi berkat bagi banyak orang.

2. Semua talenta adalah baik dan bermanfaat. Mari menghargai talenta sesama dan mengembangkan bersama agar berguna bagi kepentingan bersama. (MCLH)

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


TUHAN Yesus, terimakasih untuk talenta yang Engkau berikan. Tolong mampukanku untuk memakai talenta ini demi kemajuan persekutuan

dan untuk memuliakan nama-Mu.