top of page

TANGGUNG JAWAB MURID YESUS



 

1 Korintus 16 : 10-18

10 Jika Timotius datang kepadamu, usahakanlah supaya ia berada di tengah-tengah kamu tanpa takut, sebab ia mengerjakan pekerjaan Tuhan, sama seperti aku. 11 Jadi, janganlah ada orang yang menganggapnya rendah! Tetapi tolonglah dia, supaya ia melanjutkan perjalanannya dengan selamat, agar ia datang kembali kepadaku, sebab aku di sini menunggu kedatangannya bersama-sama dengan saudara-saudara yang lain. 12 Tentang saudara Apolos: telah berulang-ulang aku mendesaknya untuk bersama-sama dengan saudara-saudara lain mengunjungi kamu, tetapi ia sama sekali tidak mau datang sekarang. Kalau ada kesempatan baik nanti, ia akan datang.

13 Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat! 14 Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih! 15 Ada suatu permintaan lagi kepadamu, saudara-saudara. Kamu tahu, bahwa Stefanus dan keluarganya adalah orang-orang yang pertama-tama bertobat di Akhaya, dan bahwa mereka telah mengabdikan diri kepada pelayanan orang-orang kudus. 16 Karena itu taatilah orang-orang yang demikian dan setiap orang yang turut bekerja dan berjerih payah. 17 Aku bergembira atas kedatangan Stefanus, Fortunatus dan Akhaikus, karena mereka melengkapi apa yang masih kurang padamu; 18 karena mereka menyegarkan rohku dan roh kamu. Hargailah orang-orang yang demikian!


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna terkasih, sudah tahu belum kira-kira cita-citanya ingin menjadi apa? Tentu kalau sudah memikirkan kelak cita-cita Sobat Teruna akan menjadi apa, maka yang dilakukan adalah mulai rajin belajar, bukan? Dengan rajin belajar, baik di sekolah maupun di rumah, kita akan membentuk diri disiplin dalam segala hal.


Rasul Paulus adalah tokoh iman yang memiliki disiplin rohani dan kehidupan yang sangat baik. Ia bersyukur, ketika Allah memercayakan kepadanya pelayanan sebagai penginjil dalam misi memberitakan tentang Yesus Kristus dan Kerajaan Allah. Ia banyak memberikan nasihat kepada jemaat-jemaat yang dilayaninya, termasuk di kota Korintus ini. Rasul Paulus menginginkan jemaat di Korintus terus memelihara hidup kudus dan menjadi berkat karena mereka telah mengenal Yesus Kristus dan ajaran-Nya yang penuh kasih.


Di dalam bacaan Alkitab saat ini, Rasul Paulus memberitahukan kepada jemaat di Korintus agar mereka sungguh-sungguh melakukan apa yang Yesus Kristus perintahkan dalam hidup sehari-hari. Salah satunya adalah dengan mau mengasihi sesama, termasuk memerhatikan orang-orang yang diutus untuk melayani di jemaat. Rasul Paulus ingin agar jemaat di Korintus berjaga-jaga dan teguh dalam iman kepada Kristus serta melakukan segala pekerjaan mereka dengan dasar kasih Allah. Mereka juga diminta untuk menaati orang-orang kudus yang sungguh-sungguh bekerja dan berjerih payah melayani serta memberitakan Injil.


Sobat Teruna terkasih, sebagai murid-murid Kristus, kita mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk bersaksi dan melayani Allah melalui kehidupan sehari-hari. Karena itu kita perlu belajar dari para tokoh, pengajar dan pemberita Injil. Jangan malu menyatakan diri sebagai murid-murid Yesus Kristus melalui kehidupan kita yang baik di rumah, di sekolah dan di gereja. (AMCRS)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Kristus, aku mau belajar bersaksi dan melayani-Mu melalui kehidupanku sebagai teruna di GPIB. Mohon tolonglah aku dan berkatilah.

Comments


bottom of page