TANTANGAN DAN HAMBATAN SEBAGAI PEMACU SEMANGAT


Kisah Para Rasul 8 : 4-8


4 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil. 5 Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. 6 Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu. 7 Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan. 8 Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Kematian Stefanus sebagai seorang martir memicu terjadinya penganiayaan terhadap para pengikut ajaran Kristus. Mereka terpencar ke Yudea atau Samaria, ada yang ditangkap dan dipenjarakan. Namun kondisi ini justru memacu semangat mereka untuk terus memberitakan Injil, bergaul dengan cara yang benar, memiliki pola pikir, sikap, perkataan dan tindakan yang penuh kasih. Hasilnya, banyak orang yang menyukai ajaran Kristus dan menjadi percaya. Masyarakat sekitar pun menyukai bahkan mencintai para pengikut ajaran Kristus dan menerima kehadiran mereka dengan tulus.


Filipus adalah satu dari tujuh diaken yang dipilih untuk melayani jemaat di Kota Samaria. Sekalipun kota ini dikatakan tidak akan pernah bertobat dan terus hidup dengan mengandalkan kuasa roh jahat, Filipus tetap melayani mereka dengan penuh sukacita. Banyak orang Samaria yang disembuhkan dari penyakitnya dan dilepaskan dari kuasa roh jahat. Hasilnya banyak orang Samaria yang memutuskan untuk bertobat dan mengikuti ajaran Kristus.


Sobat Teruna, tantangan dan hambatan dalam menjalani pendidikan di usia remaja, kadang kala menyurutkan semangat untuk memacu diri menjadi lebih kreatif, inovatif dan produktif. Belajar dari kehidupan orang Kristen mula-mula dan Filipus, mereka menjadikan tantangan serta hambatan sebagai cambuk yang memacu semangat untuk terus memberitakan Injil. Mereka tetap menjalani hidup dengan cara yang benar. Sobat Teruna, tantangan dan hambatan sesulit apa pun jangan menyurutkan semangat untuk terus belajar dan tetap menjaga sikap, perbuatan serta perkataan yang benar. Yakinlah, kita pasti akan menuai hasil yang baik bagi diri sendiri dan sesama ciptaan Tuhan. (EJRZ)





Martir : Seorang yang bersaksi tentang iman kepada Yesus Kristus melalui kematiannya (W.R.F. Browning, Kamus Alkitab, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2013), hlm. 256


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong mampukan aku untuk menjadikan tantangan dan hambatan sebagai pemacu belajar dengan penuh semangat.