TENANGLAH KINI HATIKU


1 Yohanes 5 : 13-15


13 Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal. 14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. 15 Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Bob Sadino, seorang pengusaha sukses yang terkenal di Indonesia pernah mengatakan: “Satpam dan tembok rumah yang kokoh bukan jaminan hidup tenang. Hati yang damai, kasih dan tiada kebencian itulah kunci ketenangan dan rasa aman.” Melalui pernyataan ini kita diajak untuk menyadari bahwa rasa tenang itu bukan didapat dari megahnya rumah dan banyaknya penjaga, melainkan dari keadaan hati yang damai, penuh kasih dan tiada kebencian. Namun demikian, apakah hal-hal tersebut cukup bagi kita untuk beroleh ketenangan hati?


Penulis surat Yohanes mengajarkan bahwa hati yang tenang hanya dapat dirasakan karena dua hal. Pertama, tatkala selaku pengikut Kristus seseorang mengimani akan beroleh kehidupan kekal yang Tuhan janjikan. Kedua, ketika mengimani bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya Tuhan yang mau mendengar dan menjawab doa. Hal ini ditekankan oleh Penulis. Penulis meyakinkan pembacanya bahwa mereka tidak salah membuat keputusan ketika bersedia dan setia mengikut Kristus. Karena kehidupan kekal hanya datang melalui Yesus dan tidak ada jalan lain. Berikut, penulis juga meyakinkan pembacanya bahwa Tuhan mendengar dan menjawab doa sepanjang hal-hal yang mereka doakan seturut dengan kehendak-Nya. Hal itu sebagaimana yang Tuhan Yesus ajarkan: “Tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki” (Mat. 26:39).


Sobat Teruna, mau menjalankan hidup dengan hati tenang dan penuh damai sejahtera? Mari melakukan dua hal ini: 1. Sedia dan setia mengikut Tuhan karena hanya di dalam dan melalui Yesus sajalah janji kehidupan kekal disediakan bagi kita; 2. Memiliki relasi yang karib dengan Tuhan melalui doa. Ingatlah selalu Sobat Teruna bahwa Tuhan menjawab doa yang sesuai dengan kehendak-Nya, bukan keinginan kita. (VEUW)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong ajarlah aku sedia dan setia mengikut Engkau karena hanya di dalam-Mu ada kehidupan kekal dan yang terbaik seturut kehendak-Mu akan diperoleh.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon