top of page

TERANG KRISTUS MENGALAHKAN KEGELAPAN



 

II Korintus 4:5-9

5 Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus. 6 Sebab Allah yang telah berfirman: ”Dari dalam gelap akan terbit terang!”, Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.

7 Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami. 8 Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; 9 kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, jaman sekarang sebagian masyarakat sangat bergantung dengan gadget (handphone, tablet, laptop). Beribadah, bersekolah, bermain game, semuanya mengandalkan gadget. Namun, pernahkah adik-adik tiba-tiba mengalami gadget rusak, tidak bisa diaktifkan, layar menjadi gelap? Bagaimana rasanya? Tentu kita merasa bagaikan langit runtuh dan dunia menjadi gelap, hidup sunyi sepi, tidak ada suara dering telepon atau notifikasi yang masuk. Ya, gelap mewakili situasi kita yang menghadapi berbagai persoalan dan perasaan galau kita.


Sobat Teruna, begitu juga dengan Rasul Paulus saat menghadapi orang-orang tidak percaya di Korintus yang telah dibutakan oleh ilah zaman itu. Mereka tidak hidup dalam cahaya kemuliaan Tuhan, sebaliknya hidup dalam gelap. Bagi Rasul Paulus, hidup mengandalkan kekuatan Tuhan Yesus, membuatnya kuat, maka dari gelap akan terbit terang dan terang itu memberi pengetahuan dan kekuatan.


Sobat Teruna, sadar atau tidak sadar, kita sedang dibutakan atau hidup kita sedang dituntun ke dalam kegelapan oleh ilah zaman ini, yaitu gadget. Jika kita tidak berhati-hati, maka gadget yang seharusnya membantu kita, sebaliknya malah akan memperbudak kita. Menjadi batu sandungan. ketika gadget menjadi yang utama dalam hidup kita, dan kita akan mudah sekali jatuh dalam dosa.


Sobat Teruna, Firman Tuhan saat ini mengajak kita untuk hidup di dalam terang Kristus agar di dalam terang itu kita dapat mengatasi kegelapan. Bersama Tuhan Yesus Kristus kita dapat mengatasi persoalan-persoalan hidup, seperti yang diucapkan Rasul Paulus di ayat 8-9, ”ditindas tapi tidak terjepit, habis akal namun tidak putus asa, dianiaya namun tidak ditinggal sendirian, dihempas tapi tidak binasa.” Tuhan Yesus menyertai sobat Teruna. (AT)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Tuhan terangilah aku selalu sehingga aku tidak jatuh dalam kegelapan dosa.


Comentarios


bottom of page