TETAP SETIA DAN TAAT



 

Wahyu 2 : 12-13

12 ”Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus:

Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua: 13 Aku tahu di mana engkau diam, yaitu di sana, di tempat takhta Iblis; dan engkau berpegang kepada nama-Ku, dan engkau tidak menyangkal imanmu kepada-Ku, juga tidak pada zaman Antipas, saksi-Ku, yang setia kepada-Ku, yang dibunuh di hadapan kamu, di mana Iblis diam.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, dunia yang kita pijak dengan berbagai kenyataan kehidupan di dalamnya memperhadapkan manusia pada situasi yang baik dan tidak baik, sikap dan cara hidup yang benar dan salah. Artinya bahwa di tengah berbagai kebaikan, hadir juga berbagai kejahatan. Sebagai orang percaya, bagaimana kita menyikapi semua ini?


Bacaan Alkitab hari ini menceriterakan tentang jemaat di Pergamus dalam menyikapi berbagai kenyataan hidup di sekitarnya.Mereka hidup di tengah lingkungan yang sarat dengan berbagai kejahatan. Banyak orang yang melakukan praktek penyembahan berhala dan perbuatan-perbuatan lain yang bertentangan dengan perintah, hukum maupun ketetapan Tuhan. Sekalipun demikian, jemaat di Pergamus tetap memiliki sikap hidup beriman yang tidak terpengaruh dengan praktek kejahatan di sekitarnya. Mereka hiduptaat, setia dan tidak menyangkali imannya kepada Tuhan Yesus (lihat ay.13).


Bagaimana sikap Sobat Teruna ketika diperhadapkan dengan gaya hidup manusia yang iri, dengki, dendam, penuh amarah dan kebencian, fitnah serta tidak menghormati orang tua? Sementara itu dalam dunia maya, juga terdapat berbagai kejahatan serta perilaku hidup yang tidak baik, seperti: menyebarkan hoaks, menyabotase akun media sosial, terlena dengan bermain game online, mengakses berita-berita juga film-film yang penuh adegan amoral, dll. Sebagaimana jemaat di Pergamus, kita pun diajak untuk tetap setia kepada Tuhan dan melakukan firman-Nya. Hal ini dapat kita tunjukkan dengan aktivitas hidup yang berdoa dan beribadah kepada Tuhan Yesus, serta taat melakukan ajaran-Nya. Marilah kita mengasihi Tuhan dan seluruh alam ciptaan-Nya, termasuk sesama manusia, secara khusus menghormati orang tua. Selain itu, gunakanlah media sosial dan perangkat IT dengan bijaksana untuk memuliakan Tuhan serta mendatangkan berkat bagi sesama. (RJMW)



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus, mohon jadikanlah aku pribadi yang setia beriman kepada-Mu dan senantiasa bijaksana dalam menggunakan media sosial maupun IT.