top of page

TIPS MEMBANGUN HUBUNGAN YANG BAIK



 


Amsal 11 : 12-14



12 Siapa menghina sesamanya, tidak berakal budi, tetapi orang yang pandai, berdiam diri. 13 Siapa mengumpat, membuka rahasia, tetapi siapa yang setia, menutupi perkara. 14 Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.



 

Hubungan yang baik antar teman , keluarga , maupun masyarakat pasti disenangi oleh semua orang . Untuk membangun hubungan yang baik tentu memerlukan sikap yang baik karena kita mungkin menemukan kelebihan dan kekurangan orang lain , tapi mampu menerima dan melengkapi satu dengan yang lain . Itu merupakan wujud hubungan yang baik .


Beberapa tips membangun hubungan yang baik adalah pertama ( ayat 12 ) , tidak menghina orang lain . Orang yang menghina orang lain tidak dapat menerima kelebihan maupun kekurangan orang lain tersebut , mereka disamakan dengan orang yang tidak berakal budi atau tidak cerdas . Orang yang cerdas seharusnya mampu untuk berdiam diri atau menguasai diri , dalam hubungannya dengan kekurangan atau kelebihan diri orang lain . Kedua ( ayat 13 ) , tidak menyebarkan kabar angin atau yang tidak pasti kebenarannya ( BIMK ) . Bahkan bisa saja menceritakan rahasia orang lain sehingga orang yang demikian tidak dapat dipercaya dalam hubungan yang orang yang yang mampu merahasiakan perkara orang lain . Ketiga ( ayat 14 ) , mau mendengar pimpinan , arahan atau nasihat . Nasihat penting dalam tiap hubungan . Menasihatkan satu dengan yang lain untuk hidup dengan baik akan membuat hubungan menjadi baik . Hubungan yang baik mengarahkan setiap orang di dalamnya untuk melakukan yang baik , bukan menutup mata atas tindakan jahat yang dilakukan demi menjaga relasi tidak rusak .


Sobat Teruna , 3 tips dari Amsal ini mari diterapkan dalam hubungan bersama dengan orang lain , baik teman , sahabat , keluarga , kakak adik , tentangga , guru - murid dan lain - lain . Sehingga ketika Sobat Teruna hadir dalam tiap hubungan , Sobat Teruna dapat menjadi berkat bagi orang lain (EEP/es)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Mampukan aku menjadi anak Tuhan yang membangun

hubungan baik dengan orang lain.






Comments


bottom of page