top of page

TUGAS SEORANG IMAM



 

I Tawarikh 9 : 10-13


10 Dari para imam ialah Yedaya, Yoyarib, Yakhin, 11 Azarya bin Hilkia bin Mesulam bin Zadok bin Merayot bin Ahitub, pemuka rumah Allah, 12 lalu Adaya bin Yeroham bin Pasyhur bin Malkia, dan Masai bin Adiel bin Yahzera bin Mesulam bin Mesilemit bin Imer, 13 dengan sanak saudara mereka, kepala-kepala puak, seribu tujuh ratus enam puluh orang, orang-orang tangkas untuk menyelenggarakan ibadah di rumah Allah.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Perikop bacaan merupakan bagian dari daftar nama orang-orang Israel yang kembali ke Yerusalem pasca pembuangan. Ada pun mereka yang pertama-tama kembali ke tanah nenek moyang mereka di Yerusalem adalah orang awam, imam-imam, orang Lewi dan pekerja-pekerja di rumah Tuhan. Bacaan ayat 10 – 13 merupakan kisah tentang keturunan para imam yang bekerja menyelenggarakan ibadah di rumah Tuhan. Para imam diberi tugas untuk menyelenggarakan proses ibadah yang ada di rumah Tuhan seperti membawa persembahan umat Israel ke hadapan Allah. Karena itu kehadiran para imam tentu sangat membantu proses ibadah yang akan dilaksanakan. Selama proses peribadahan di rumah Tuhan tersebut, para imam yang akan bertanggung sehingga peran imam sangar dibutuhkan.


Dalam persekutuan di gereja, kita juga menjumpai orang-orang yang bekerja menyelenggarakan ibadah seperti Diaken, Penatua dan Pendeta (disebut Presbiter) dan mereka menjadi bagian yang penting dalam pelaksanaan ibadah tersebut. Mereka bersama-sama melaksanakan segala hal yang diperlukan dalam proses peribadahan yang berlangsung. Karena itu, kita doakan bersama para pelayan-pelayan Tuhan yang ada agar tugas dan tanggung jawabnya dapat dijalankan dengan baik sehingga jemaat Tuhan dapat mengikuti peribadahan.


Sobat Teruna, mari kita topang dalam doa setiap orang yang ambil bagian dalam pelayanan dalam ibadah-ibadah yang dilaksanakan sehingga apa yang menjadi harapan bersama dapat kita nikmati dengan penuh sukacita dan damai sejahtera.(RM)



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Tuhan...berkati para pelayan-Mu agar dapat bersama-sama melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan, sehingga proses peribadahan dapat dilaksanakan dengan baik.

Comments


bottom of page