top of page

"TUHAN MEMAMPUKAN KITA"



 

2 Korintus 9 : 8 – 9


8 Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.9 Seperti ada tertulis: "Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaran-Nya tetap untuk selamanya."




Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


“Allah sanggup melimpahkan kasih karunia-Nya….” Kata Firman Tuhan hari ini. Mengapa kalimat itu menjadi penting, karena ada banyak kali kita menganggap bahwa kita tidak bisa memberi atau melakukan apapun karena kita tidak mempunyai kemampuan. Kita enggan memberi atau menolak berbuat baik karena kita berpikir bahwa buat diri kita sendiri saja belum cukup, bagaimana harus berbagi dengan orang lain? Nah bukankah ini alasan yang sudah biasa kita dengar? Hari ini kita mau belajar bahwa kalau kita bisa memberi pertama-tama bukan karena kita sudah memiliki segala sesuatu tetapi kemampuan untuk memberi itu datangnya dari Tuhan. Artinya kalau kita meminta kepada Tuhan, agar Ia memampukan kita untuk memberi atau berbuat baik, maka Tuhan pula yang mengaruniakan apa saja yang kita butuhkan untuk itu. Berikutnya, kita memberi bukan dari apa yang tidak kita miliki tetapi mulailah memberi dari apa yang ada pada kita. Tuhan telah mengaruniakan sesuatu yang kita perlukan untuk hidup dan itu berarti kita punya kesanggupan untuk melakukan sesuatu. Yang kita lakukan bukan hal yang tidak bermanfaat, melainkan yang bermanfaat untuk hidup kita dan orang lain.

Sobatku, jika terlintas di kepala kita pikiran seperti, ‘aku tidak memiliki karunia atau berkat lebih dibanding orang lain’ atau ‘aku tidak bisa apa-apa karena keterbatasanku’ jawabannya di dalam Firman hari ini. Setiap orang diciptakan Tuhan dengan potensi, kekuatan, dan kelebihan untuk mampu melakukan kebaikan dan menyalurkannyanya kepada siapapun yang kita jumpai hari ini. Tidak perlu mencari-cari atau membuat alasan untuk menghindar dari berbuat baik dan berbagi. Wujudkan kebaikan dan keindahan yang ada dalam diri kita. MT



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Sanggupkan aku ya Tuhan untuk berbagi dan berbuat baik.


Comments


bottom of page