top of page

Tuhan Menjamin Hari Depanmu





YEREMIA 31 : 15 – 17


15 Beginilah firman TUHAN: Dengar! Di Rama terdengar ratapan, tangisan yang pahit pedih: Rahel menangisi anak-anaknya, ia tidak mau dihibur karena anak-anaknya, sebab mereka tidak ada lagi. 16 Beginilah firman TUHAN: Cegahlah suaramu dari menangis, dan matamu dari mencucurkan air mata, sebab untuk jerih payahmu ada ganjaran, demikianlah firman TUHAN; mereka akan kembali dari negeri musuh. 17 Masih ada harapan untuk hari depanmu, demikianlah firman TUHAN: anak-anak akan kembali ke daerah mereka.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Sobat Teruna, masih ingat film "Moana"? Film yang buming di tahun 2016 ini. Film ini bercerita tentang seorang gadis Polinesia yang berjuang untuk pemulihan laut dan ekosistimnya. Ia dipersiapkan untuk menjadi pemimpin suku. Moana terkenal pemberani dan memiliki keyakinan yang kuat bahwa masih ada harapan untuk masa depan laut, ekosistem laut dan sukunya. Ending film mengungkapkan bahwa apa yang diperjuangkan Moana, berhasil.


Sobat Teruna, karena dosa yang dilakukan Israel kepada Tuhan, mereka merasakan penderitaan di Babelonia, tanah pembuangan. Penderitaan itu dilukiskan penulis Kitab nabi Yeremia sebagai ratapan dan tangisan dari seorang ibu (Rahel) yang kehilangan anak-anaknya (ayat 15). Namun, Tuhan berfirman supaya bangsa Israel jangan menangis dan menghapus air mata yang bercucuran (ayat 16). Sebab, masa depan itu sungguh ada dan pemulihan hidup bagi bangsa pilihanNya akan diwujudkan Tuhan. Asalkan mereka bertobat (ayat 17).


Sobat Teruna, semua orang pasti pernah merasakan suasana yang tidak menyenangkan seperti hati sedih, pikiran kusut, rasa kecewa, amarah, dan lain-lain. Hal ini karena bermacam sebab, contohnya: tugas sekolah yang menumpuk, nilai ulangan yang anjlok, teman yang mem-bully, guru yang kurang bersahabat, orang tua yang hampir tidak punya banyak waktu di rumah, diri sendiri yang insecure, dan lain-lain. Mari, jangan tenggelam dalam kesedihan yang demikian, sebab Tuhan berfirman bagi kita "masih ada harapan untuk hari depanmu". Ayo, bangkitlah, berdoa dan berserahlah pada kuasaNya. Jangan bersedih lagi, sebab kita berharga bagi Tuhan. Seperti Moana yang pemberani, mari kita berani bergerak maju bersama Tuhan yang selalu ada bagi kita dan masa depan kita pasti akan cerah. (CIYS/ak)



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan, aku percaya akan firmanMu yang menjamin hari depanku. Jadikanlah, aku pribadi yang mau berjuang bersama Tuhan melewati banyak hal dalam masa terunaku. Jadikanlah hatiku bersukacita sebab Tuhan menjamin hari depanku.








Comments


bottom of page