“TUHAN YANG MENDENGARKAN DARI TEMPATNYA”



 

2 Tawarikh 6 : 32 - 33


32 Juga apabila seorang asing, yang tidak termasuk umat-Mu Israel, datang dari negeri jauh oleh karena nama-Mu yang besar, tangan-Mu yang kuat dan lengan-Mu yang teracung, dan ia datang berdoa di rumah ini, 33 maka Engkau pun kiranya mendengar dari sorga, dari tempat kediaman-Mu yang tetap, dan kiranya Engkau bertindak sesuai dengan segala yang diserukan kepada-Mu oleh orang asing itu, supaya segala bangsa di bumi mengenal nama-Mu, sehingga mereka takut akan Engkau sama seperti umat-Mu Israel, dan sehingga mereka tahu, bahwa nama-Mu telah diserukan atas rumah yang telah kudirikan ini.




Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Saat bertemu dengan Acong, wajah Cece tidak ceria, ada sesuatu yang dipikirkannya. Setelah beberapa waktu Cece akhirnya mengungkapkan kepada Acong. Kesedihan Cece karena neneknya belum sembuh dari sakitnya, meskipun segala upaya sudah dilakukan. Cece juga merasa doanya seperti tidak didengarkan TUHAN. Padahal Cece merasa sudah berdoa secara sungguh dan tekun untuk kesembuhan neneknya. Lalu Acong mengatakan supaya Cece tetap tekun berdoa sebab TUHAN pasti mendengarkan setiap doanya dari tempat-Nya. Acong berusaha menyemangati Cece dalam menghadapi pergumulannya tersebut.


Sobat Teruna, dalam doa yang disampaikan kepada TUHAN, Salomo meminta kepada TUHAN supaya mendengarkan setiap doa orang yang datang ke Bait Allah. Doa tersebut bukan saja dari orang Israel tetapi juga dari orang yang bukan Israel, yang telah menyaksikan dahsyatnya kuasa TUHAN dalam kehidupan bangsa Israel. Permohonan yang disampaikan Salomo itu diungkapkan dalam keyakinan TUHAN pasti bermurah hati kepada setiap orang yang datang kepadaNya. Kemurahan hati itu diperlihatkan dengan keinginanNya menjawab setiap doa yang disampaikan kepadaNya.


Sobat Teruna, setiap kita pasti berdoa kepada TUHAN. Banyak hal yang kita sampaikan kepadaNya. Demikian juga waktu berdoapun berbeda satu orang dengan yang lain. Dari sekian lama waktu dan perihal yang disampaikan, apakah kita mengalami keraguan jika TUHAN tidak mendengar dan menjawabnya? Keraguan ini dapat membuat kita berhenti berdoa. Kita harus yakin jika TUHAN pasti mendengar dan menjawab setiap doa kita, TUHAN menjawab dari tempatNya. Jadi teruslah berdoa dan lihatlah jawaban doa dari TUHAN dengan tekun dan sabar. (DH)



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


TUHAN, ajar aku selalu tekun dalam doa dan menyakini setiap doaku pasti dijawab oleh TUHAN.