top of page

TUHAN YANG MENGAMPUNI



 

I Tawarikh 21 : 18-27


18 Kemudian malaikat Tuhan menyuruh Gad mengatakan kepada Daud, bahwa Daud harus pergi untuk mendirikan mezbah bagi Tuhan di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu. 19 Lalu pergilah Daud, sesuai dengan perkataan Gad yang diucapkannya demi nama Tuhan. 20 Ornan sedang mengirik gandum; ketika ia memalingkan diri, dilihatnyalah malaikat itu; keempat anaknya yang bersama-sama dengan dia menyembunyikan diri. 21 Ketika Daud sampai kepada Ornan, maka Ornan mengangkat mukanya dan melihat Daud, lalu keluarlah ia dari tempat pengirikan, kemudian sujudlah ia kepada Daud dengan mukanya ke tanah. 22 Berkatalah Daud kepada Ornan: ”Berikanlah kepadaku tempat pengirikan ini, supaya aku mendirikan di sini mezbah bagi Tuhan; baiklah berikan itu kepadaku dengan harga penuh, supaya tulah ini berhenti menimpa rakyat.” 23 Jawab Ornan kepada Daud: ”Ambillah, dan baiklah tuanku raja melakukan apa yang dipandangnya baik. Lihatlah, aku berikan lembu ini untuk korban bakaran dan eretan-eretan pengirik ini untuk kayu bakar dan gandum untuk korban sajian, semuanya itu kuberikan.” 24 Tetapi berkatalah raja Daud kepada Ornan: ”Bukan begitu, melainkan aku mau membelinya dengan harga penuh, sebab aku tidak mau mengambil milikmu untuk Tuhan dan tidak mau mempersembahkan korban bakaran dengan tidak membayar apa-apa.” 25 Maka Daud memberikan kepada Ornan sebagai bayaran tempat itu emas seberat enam ratus syikal. 26 Lalu Daud mendirikan di sana mezbah bagi Tuhan, mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan dan memanggil Tuhan. Maka Tuhan menjawab dia dengan menurunkan api dari langit ke atas mezbah korban bakaran itu. 27 Lalu berfirmanlah Tuhan kepada malaikat itu supaya dikembalikannya pedangnya ke dalam sarungnya.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Perikop bacaan mengisahkan tentang kebaikan Tuhan Allah atas kehidupan umat Israel. Tuhan Allah menyatakan kasih sayangNya bagi umat Israel. Tuhan Allah menyelamatkan kehidupan Daud dan umat Israel. Daud melakukan kesalahan di hadapan Tuhan yang mengakibatkan Tuhan marah kemudian mendatangkan penyakit sampar atas orang Israel. Hal ini menyebabkan tewasnya tujuh puluh ribu orang Israel. Daud menyesal karena telah melakukan kesalahan di hadapan Tuhan. Kemudian Gad (seorang pelihat Daud) diperintahkan Tuhan agar Daud mendiri Mezbah bagi Tuhan. Menyadari situasi yang demikian maka Daud meminta pengampunan dari Tuhan.


Daud mendirikan mezbah bagi Tuhan dan mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan dan memohon belas pengasihan Tuhan atas kehidupan mereka. Daud bergegas menghadap Tuhan Allah karena dirinya melakukan kesalahan di hadapan Tuhan, Daud memohon belas pengasihan Tuhan atas kehidupan dirinya dan umat Israel sehingga mereka dapat selamat. Melihat kesungguhan hati Daud menghadap Tuhan maka Tuhan Allah berkenan atas persembahan dan permohonan Daud sehingga Tuhan tidak jadi membunuh orang Israel lebih banyak lagi. Ada pengampunan yang Tuhan Allah berikan atas kehidupan Daud dan umat Israel. Tuhan tetap mengasihi kehidupan umat Israel sehingga mereka mendapat keselamatan.


Sobat Teruna, Allah menyatakan keselamatan-Nya dalam diri Yesus Kristus yang rela berkorban dan mati di kayu salib demi pengampunan dosa kita. Karena itu hiduplah dalam kehendak Tuhan sehingga kasih karunia-Nya senantiasa menyertai proses kehidupan kita hari lepas hari. Dengan pengampunan yang Tuhan Yesus nayatakan melalui pengurbanan diri-Nya maka kita memperoleh keselamatan. (RM)




 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Aku bersyukur kepada Tuhan Yesus karena Engkau rela berkorban bagiku dan mengampuniku, sehingga hidupku menjadi selamat. Mampukan diriku agar dalam kehidupan ini senantiasa hidup dalam kehendak-Mu.

留言


bottom of page