TUHAN YESUS BERDOA


Markus 1: 35-39

35 Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. 36 Tetapi Simon dan kawan-kawannya menyusul Dia; 37 waktu menemukan Dia mereka berkata: ”Semua orang mencari Engkau.” 38 Jawab-Nya: ”Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang.” 39 Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



"Berseru memanggil nama-Nya. Berdoa, Dia ‘kan seg’ra menghampiri dirimu. Percaya, Dia tak jauh darimu. Dia hanya sejauh doa.” Itulah sepenggal lirik dari lagu rohani berjudul: “Dia Hanya Sejauh Doa.” Dengan demikian berdoa sangat mungkin dilakukan oleh setiap orang percaya.


Sobat Teruna, Tuhan Yesus mengajarkan kita bagaimana berdoa (Mat. 6:5-15). Tuhan Yesus pun memberi teladan kepada kita bahwa Dia juga berdoa. Pagi-pagi benar dan hari masih gelap, Tuhan Yesus berdoa di tempat yang sunyi. Tuhan Yesus membutuhkan waktu yang khusus untuk berdoa yaitu pagi hari. Dia juga membutuhkan kondisi yang mendukung untuk berdoa yaitu suasana yang hening dan sepi. Mengapa Tuhan Yesus berdoa? Ada dua alasan. Pertama, doa memberi kekuatan kepada Tuhan Yesus untuk melayani. Berdoa bagi Tuhan Yesus adalah komunikasi dan relasi dengan Bapa yang memberi kekuatan kepada-Nya. Kedua, doa memberi arah bagi pelayanan yang Tuhan Yesus lakukan. Itu nampak dari bacaan hari ini. Selesai berdoa, Tuhan Yesus mengajak murid-murid-Nya untuk memberitakan Injil dan mengusir setan-setan.

Apakah sobat Teruna punya waktu khusus untuk berdoa? Doa adalah nafas iman orang percaya. Jadi, sebagai orang percaya mestinya ada waktu khusus untuk berdoa. Tuhan Yesus memberi teladan kepada kita bahwa pagi hari adalah waktu yang baik untuk berdoa. Sebelum beraktifitas setiap hari kita mulai dengan berdoa. Kita berdoa agar hubungan dengan Tuhan Yesus semakin dekat. Kita berdoa agar diberi kekuatan dan perlindungan oleh Tuhan Yesus. Kita berdoa agar tahu apa yang harus dilakukan dalam setiap langkah kehidupan ini. Kita berdoa agar dimampukan untuk melakukan kehendak Tuhan Yesus. Mari mempraktekkannya. Tuhan Yesus memampukan kita. (SS)

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Tuhan Yesus, mohon berikanlah aku kemampuan untuk menyiapkan waktu, hati dan diriku agar setia berdoa dan menjadikan doa sebagai nafas imanku.


© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon