TUHAN YESUS BERKUASA


Markus 1: 21-28

21 Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. 22 Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. 23 Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak: 24 ”Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” 25 Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: ”Diam, keluarlah dari padanya!” 26 Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya. 27 Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya, katanya: ”Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahat pun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya.” 28 Lalu tersebarlah dengan cepat kabar tentang Dia ke segala penjuru di seluruh Galilea.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Kekuasaan atau kekuatan yang besar mendatangkan tanggung jawab yang besar.” Demikian ungkapan yang mengingatkan bahwa kekuasaan dan kekuatan yang ada pada kita hendaknya digunakan dengan penuh tanggung jawab untuk mendatangkan kebaikan bagi banyak orang.


Orang banyak menjadi takjub mendengar pengajaran Tuhan Yesus dan melihat kemampuan-Nya mengusir roh jahat. Orang banyak itu menyaksikan bagaimana roh jahat itu takut dan taat kepada Tuhan Yesus. Mengapa orang banyak takjub kepada Tuhan Yesus? Mengapa roh jahat takut dan taat kepada Tuhan Yesus? Karena Tuhan Yesus berkuasa. Kuasa apa yang ada pada Tuhan Yesus? Tentu kuasa Allah yang Mahatinggi. Apakah Tuhan Yesus pamer kekuasaan? Tidak. Tuhan Yesus bukan ingin memamerkan kekuasaan, apalagi mengharapkan pujian. Orang banyaklah yang takjub dan memuji-Nya, karena kuasa yang diperlihatkan-Nya. Melalui pelayanan yang dilakukan-Nya, Ia ingin menunjukkan bahwa Dia adalah Tuhan yang berkuasa melakukan kebaikan dan menolong manusia. Melalui pengusiran roh jahat dan ketundukan roh jahat pada-Nya itu berarti bahwa Ia adalah Tuhan yang berkuasa atas kuasa apa pun di alam semesta ini. Tuhan Yesus berkuasa menaklukkan atau mengalahkan kuasa apapun di dunia ini.

Sobat Teruna, kita bersyukur karena beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan yang berkuasa. Jadi mestinya kita tidak takut lagi, karena dalam diri ini ada kuasa Tuhan Yesus yang bekerja untuk mengalahkan segala kekuatan maupun roh-roh yang jahat. Kita diajar oleh Tuhan Yesus untuk tidak menonjolkan sikap pamer dan menuntut pujian atas setiap kemampuan yang dimiliki. Dari keteladanan yang Tuhan Yesus berikan, kita diajar supaya menggunakan kemampuan untuk berbuat baik, menolong serta membahagiakan sesama manusia demi hormat dan kemuliaan nama-Nya. (SS)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, mohon kuasailah hidupku, agar segenap kemampuan yang aku miliki dapat digunakan untuk memuliakan Engkau, serta berbuat baik menolong dan membahagiakan sesama manusia.