TUHAN YESUS TERPENTING


Matius 13 : 44-46

44 ”Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. 45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974,2018.


Apa yang Sobat Teruna nilai paling penting dalam hidup ini? Pasti ada banyak jawaban yang diberikan. Mari belajar dari perikop hari ini melalui perumpamaan yang disampaikan Tuhan Yesus kepada para murid dan orang banyak yang mendengar-Nya.


Sobat Teruna, perumpamaan hari ini mengenai harta terpendam dan mutiara yang berharga. Kedua perumpamaan ini menyampaikan 3 (tiga) hal yang penting, yaitu :

1. Nilai Kerajaan Sorga harus ditempatkan di atas segala-galanya;

2. Gambaran tentang sikap seseorang yang menanamkan dalam dirinya bahwa Kerajaan Sorga adalah sesuatu yang paling penting, sehingga dia rela berkorban untuk memperoleh dan mempertahankannya;

3. Menolak mengulur-ulur waktu atau menunda-nunda untuk segera “mencari dan mendapatkan” Kerajaan Sorga.

Artinya setiap orang harus segera berupaya menggali kebenaran Firman Tuhan, merenungkan dan menemukan maksudnya. Kemudian meninggalkan kehidupan lama. Lalu segera mempraktekkan Firman Tuhan itu.


Sobat Teruna, dari perenungan ini ada beberapa hal yang dapat dipetik sebagai pelajaran, yaitu:

1. Tuhan Yesus harus menempati posisi paling penting dalam hidup kita. Kita membuktikannya dengan tidak meninggalkan iman Kristen dan selalu menyediakan waktu bersekutu dengan Tuhan Yesus. Contoh: memiliki waktu saat teduh pribadi setiap hari, rajin mengikuti IHMPT;

2. Rela melakukan yang Tuhan Yesus perintahkan dalam kehidupan setiap hari, walaupun bisa saja kita kehilangan teman. Misalnya, kita “dibully” karena ingin hidup benar sesuai kehendak Tuhan.

3. Kita tidak menunda untuk segera aktif dalam berbagai kegiatan pelayanan di gereja. Misalnya menjadi anggota tim musik atau pun kantoria, pro-aktif dalam berbagai kegiatan di Pelkat PT.


Mari Sobat Teruna, milikilah kerinduan seperti hal-hal tersebut di atas! (MCLH)





Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Mohon ampunilah aku ya Tuhan, jika selama ini tidak mengutamakan-Mu dan Firman-Mu. Tolong aku, ya Tuhan untuk segera melakukan kehendak-Mu sebagai yang terpenting dalam hidupku.