top of page

TUJUH KALI LIPAT



 

Imamat 26:18-24

18 Dan jikalau kamu dalam keadaan yang demikian pun tidak mendengarkan Daku, maka Aku akan lebih keras menghajar kamu sampai tujuh kali lipat karena dosamu, 19 dan Aku akan mematahkan kekuasaanmu yang kaubanggakan dan akan membuat langit di atasmu sebagai besi dan tanahmu sebagai tembaga. 20 Maka tenagamu akan habis dengan sia-sia, tanahmu tidak akan memberi hasilnya dan pohon-pohonan di tanah itu tidak akan memberi buahnya.

21 Jikalau hidupmu tetap bertentangan dengan Daku dan kamu tidak mau mendengarkan Daku, maka Aku akan makin menambah hukuman atasmu sampai tujuh kali lipat setimpal dengan dosamu. 22 Aku akan melepaskan kepadamu binatang liar yang akan memunahkan anak-anakmu dan yang akan melenyapkan ternakmu, serta membuat kamu menjadi sedikit, sehingga jalan-jalanmu menjadi sunyi.

23 Jikalau kamu dalam keadaan yang demikian pun tidak mau Kuajar, dan hidupmu tetap bertentangan dengan Daku, 24 maka Aku pun akan bertindak melawan kamu dan Aku sendiri akan menghukum kamu tujuh kali lipat karena dosamu

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


The queen’s classroom adalah film seri produksi Jepang yang menggambarkan tentang seorang guru yang sangat otoriter dalam mendidik murid-murid kelas 6 di sekolahnya. Akutsu Maya (sang guru) tidak segan-segan memberikan teguran keras, hukuman dan tugas-tugas berat kepada para murid. Awalnya banyak konflik yang terjadi. Para murid tidak terima dengan gaya didik si guru yang sangat disiplin tersebut. Namun seiring waktu, mereka sadar bahwa pola ajar yang keras tersebut justru membuat mereka tumbuh menjadi siswa yang tahan banting dan siap mental menghadapi tantagan hidup ke depan.


Hal yang sama juga terjadi kepada bangsa Israel. Tuhan rela menghajar mereka tujuh kali lipat jika mereka tetap hidup di dalam dosa (ayat 18). Kekuasaan yang dibanggakan akan dipatahkan. Langit menjadi besi dan tanah menjadi tembaga sehingga tidak dapat menghasilkan (ayat 19-20). Jika mereka belum bertobat juga, Tuhan akan menambah hukumannya tujuh kali lipat lagi, yaitu dengan cara melepaskan binatang liar yang akan memunahkan anak-anak mereka (ayat 21-22). Jika hal ini pun tidak diindahkan juga, maka Tuhan sendiri akan bertidak melawan mereka (ayat 23-24). Apa yang Tuhan perbuat ini sepertinya sadis. Namun itu semua dilakukan atas dasar kasih yang tak terbatas. Kasih yang membawa umat-Nya kembali kepada jalan-Nya.


Sobat Teruna, kesulitan hidup yang terjadi seperti sakit penyakit, kesulitan ekonomi, putus sekolah, dll, bisa jadi disebabkan oleh dosa yang belum diselesaikan dengan Tuhan sehingga Dia mengijinkan itu terjadi untuk mengubah kita menjadi anak-anak yang senantiasa takut akan Dia. Teruslah berjalan dalam terang kasih Tuhan sehingga kita dapat memahami bahwa Tuhan tetap mengasihi kita walaupun dalam kehangatan amarah-Nya. (VS)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Terima kasih Tuhan untuk setiap kesulitan hidup yang menjadi pelajaran iman yang berharga dalam kehidupanku.

bottom of page