top of page

UNITY IN DIFFERENCES


 

Ulangan 22 : 10

10 Janganlah engkau membajak dengan lembu dan keledai bersama-sama.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974,2018.

 


"Semua orang jenius. Tetapi jika Anda menilai seekor ikan dengan mengukur kemampuannya memanjat pohon, maka dia akan hidup dengan percaya bahwa dirinya bodoh" (Albert Einstein). Ikan berenang. Monyet memanjat. Untuk menilai ikan itu hebat, tidak bisa dengan menyuruhnya memanjat pohon seperti yang biasa dilakukan monyet. Setiap makhluk diciptakan Tuhan dengan keunikan masing-masing. Kita pun tidak boleh membandingkan kesuksesan orang yang satu dengan lainnya. Setiap orang harus saling menghargai sebagai sesama ciptaan Allah yang memiliki potensi dan keunikan masing-masing.


Sobat Teruna, bacaan Alkitab hari ini adalah salah satu dari rangkaian aturan yang diberikan Allah bagi bangsa Israel. Mereka diminta untuk tidak membajak dengan lembu dan keledai secara bersamaan. Kecepatan lembu dan kecepatan keledai tentu berbeda. Begitu pun kemampuan mereka. Ketika mereka disandingkan untuk melakukan pekerjaan yang sama, tentu hasilnya akan berbeda. Kita cenderung akan memaksakan binatang yang dinilai lamban dalam bekerja agar bergerak cepat seperti hewan yang satunya. Kita akan memecut, memukul, menarik, memaksa. Tentu hal tersebut akan menyakitkan bagi hewan yang dipaksa menuruti kemauan kita. Luar biasa, Allah sampai begitu peduli terhadap binatang, sehingga aturan tersebut disampaikan kepada bangsa Israel.


Sobat Teruna, kita sudah mengerti betapa Allah sangat mencintai setiap makhluk ciptaan-Nya. Jadi seharusnya kita yang digambarkan serupa dengan Allah pun berbuat yang sama. Kita harus memperlakukan mereka dengan baik. Mereka adalah makhluk yang Allah ciptakan untuk memelihara keberlangsungan hidup kita. Pastikan mereka mendapat perlakuan yang sesuai dengan kodratnya masing-masing. Begitu pun kepada sesama. Mari melihat mereka sebagai seseorang yang memiliki kelebihan tersendiri sebagaimana kita juga diciptakan unik oleh Allah. (LLS)



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Terimakasih ya Allah untuk keunikanku dan teman-temanku sehingga kami bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing. Tolong ajar aku untuk terus mensyukuri perbedaan yang Engkau berikan.











Comments


bottom of page