top of page

Usaha Dan Keberhasilan



 

Yeremia 30 : 8 - 9


8 Maka pada hari itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, Aku akan mematahkan kuk dari tengkuk mereka dan memutuskan tali-tali pengikat mereka, dan mereka tidak akan mengabdi lagi kepada orang-orang asing. 9 Mereka akan mengabdi kepada TUHAN, Allah mereka, dan kepada Daud, raja mereka, yang akan Kubangkitkan bagi mereka.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 


Ada ungkapan berbunyi "Hasil tidak akan mengkhianati usaha" yang berarti jika kita berupaya dengan sungguh-sungguh maka hasil yang diperoleh akan memuaskan atau setimpal dengan usaha kita. Salah satu tantangan di zaman yang serba cepat dan mudah ini, Sobat Teruna bisa jadi tidak terbiasa untuk bertahan saat menghadapi kesulitan. Beberapa siswa yang memperoleh nilai rendah mengakui bahwa saat belajar dan menemukan materi yang sulit dipahami mereka memilih meninggalkannya, bukan berusaha mencari sumber lain atau bantuan untuk dapat mengerti. Beberapa siswa yang lain memilih menggunakan jalan menyontek demi mendapatkan hasil yang diinginkan.


Kesusahan yang dialami Israel merupakan bagian dari proses pendisiplinan yang bertujuan agar mereka semakin percaya hanya kepada Tuhan, bukan pada allah lain atau kekuatan sendiri. Mereka yang dapat tahan uji yaitu terus berusaha taat dan berpegang pada janji Tuhan saja, mereka-lah yang akan merasakan pembebasan dari Tuhan. "Maka pada hari itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, Aku akan mematahkan kuk dari tengkuk mereka dan memutuskan tali-tali pengikat mereka, dan mereka tidak akan mengabdi lagi kepada orang-orang asing." Melihat hasil ketekunan iman mereka nyata, akan membuat mereka semakin percaya dan mengabdi pada Allah yang sejati.


Mari Sobat Teruna, kita melatih diri untuk bertahan saat sulit, bukan menghindari atau lari dari kenyataan, terlebih mengambil jalan pintas. Manfaatkan kemajuan teknologi dan perangkat digital yang ada untuk meng-upgrade dirimu. Berbagai informasi positif tersedia dan mudah diakses: Tips memecahkan masalah, cara mengatasi stres, strategi mengatur waktu, jurus jitu belajar efektif, melatih pola hidup sehat, dsb. Berdoalah dan berusahalah, maka Tuhan akan menguatkan dan membuatmu berhasil. OKT/mmg




 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, bentuk aku untuk senantiasa mau berusaha, bertahan saat sulit dan terus bersandar pada-Mu agar kelak diriku Engkau dapati tahan uji dan berhasil.

Commenti


bottom of page