UTAMAKANLAH KEPENTINGAN TUHAN


Filipi 2 : 19-24


19 Tetapi dalam Tuhan Yesus kuharap segera mengirimkan Timotius kepadamu, supaya tenang juga hatiku oleh kabar tentang hal ihwalmu. 20 Karena tak ada seorang padaku, yang sehati dan sepikir dengan aku dan yang begitu bersungguh-sungguh memperhatikan kepentinganmu; 21 sebab semuanya mencari kepentingannya sendiri, bukan kepentingan Kristus Yesus. 22 Kamu tahu bahwa kesetiaannya telah teruji dan bahwa ia telah menolong aku dalam pelayanan Injil sama seperti seorang anak menolong bapanya. 23 Dialah yang kuharap untuk kukirimkan dengan segera, sesudah jelas bagiku bagaimana jalannya perkaraku; 24 tetapi dalam Tuhan aku percaya, bahwa aku sendiri pun akan segera datang.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Paulus sebagai seorang pemimpin jemaat yang arif dan bijaksana, selalu mengharapkan agar jemaat di Filipi dari awal sampai seterusnya tetap menerima Injil sehingga mereka menjalani hidup sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Paulus berencana mengutus Timotius untuk mendampingi jemaat di Filipi. Paulus mendasarkan rencananya ini – dalam Nama Tuhan Yesus – pada suatu pernyataan yang sangat penting. Artinya, ketika merencanakan sesuatu, Paulus mengedepankan kehendak Tuhan Yesus bukan menuruti keinginan pribadinya. Ia memilih Timotius karena memiliki komitmen, loyalitas dan integritas yang tinggi untuk melayani. Kesetiaan Timotius telah terbukti bagi Paulus dan jemaat di Filipi. Perbedaan Timotius dengan pelayan yang lain adalah dia sungguh-sungguh dalam memerhatikan kehidupan jemaat. Timotius tidak mencari keuntungan sendiri melainkan mengutamakan kepentingan Kristus.


Sobat Teruna, ketika seseorang diutus ke tengah-tengah jemaat atau komunitas, tujuannya untuk mendampingi orang-orang di sana agar bertumbuh dalam iman kepada Yesus Kristus sekalipun menghadapi tantangan dan hambatan. Dengan demikian, jemaat atau komunitas tetap memiliki pengharapan dalam menghadapi kenyataan hidup. Selain itu jemaat maupun komunitas tetap mampu menyatakan kasih kepada semua orang dalam segala situasi dan keadaan.


Sobat Teruna, agar semua hal baik tercapai, seseorang harus memiliki komitmen, loyalitas dan integritas dalam melayani. Ia harus sadar bahwa dirinya diutus untuk melaksanakan kepentingan Kristus, bukan keinginan pribadi. Karena itu, ia harus mengutamakan kepentingan jemaat atau orang banyak.


Diusianya yang muda, Tuhan telah memercayakan pelayanan yang besar bagi Timotius. Kepada kita, sekalipun usia masih muda, Tuhan pun ingin mengutus kita ke tengah-tengah jemaat atau komunitas untuk melaksanakan kepentingan-Nya. Karena itu, mari memiliki komitmen, loyalitas dan integritas dalam menjalankan setiap kegiatan. (EJRZ).


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong mampukanlah hatiku agar mengutamakan-Mu dalam setiap rencanaku.