top of page

Visitasi Dewan PT GPIB di Cilacap : Mengajak Teruna Mengenal Konservasi Penyu


Kebersamaan dalam Ibadah Pembukaan pada hari pertama, Sabtu, 21 Oktober 2023

Sumber : Dokumentasi DPT


Cilacap-Jawa Barat – Halo Sobat Teruna & Kakak Pelayan PT GPIB! Sebagai bagian dari implementasi sub-tema #TerunaPeduliLindungi, maka dilaksanakan Visitasi Dewan Persekutuan Teruna (PT) GPIB yang mengambil tema lingkungan, pada tahun 2023 dilaksanakan di GPIB Jemaat “Galilea” Cilacap, Jawa Tengah. Dihadiri oleh Pelkat PT dan jemaat Galilea Cilacap dan 9 (sembilan) anggota Dewan PT. Tidak tanggung-tanggung, kali ini mengajak Teruna di Cilacap untuk peduli alam, lingkungan, dan sesama ciptaan melalui konservasi penyu.


Rangkaian kegiatan Visitasi Dewan PT tahun ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada hari Sabtu s.d. Minggu, 21 s.d. 22 Oktober 2023. Diawali dengan Ibadah Pembukaan yang dilaksanakan di Gedung Gereja Galilea Cilacap yang dipimpin oleh Vikaris Geofani Febrian Ruindungan, S.Si (Teol).


Setelah ibadah bersama dilaksanakan pembinaan untuk adik Teruna, dengan materi berjudul : 1) Teruna dan Etika, 2) Cita-cita dan Potensi Diri, disampaikan oleh kak Novellis Pasuria Butarbutar, dan pembinaan untuk Pelayan PT, dengan materi berjudul Panduan Ibadah dan Pelayanan Firman di IHMPT disampaikan oleh kak Valentino Sopacua. Harapannya materi pembinaan tersebut dapat bermanfaat untuk Pelkat PT di GPIB „Galilea” Cilacap dalam pelayanan bersama untuk kemuliaan Tuhan.


Setelah pembinaan di dalam kelas, kegiatan berikutnya adalah mengunjungi Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap yang terletak di Pantai Sodong, Cilacap. Diawali dengan penyampaian materi dan informasi pengetahuan tentang tukik dan berbagai jenis lainnya oleh Pak Jumawan, terpancar raut wajah semangat dari para Teruna untuk lebih mengenal hewan yang ditemui di lautan Indonesia. Di dunia ada 7 jenis penyu dan 6 diantaranya terdapat di Indonesia. Jenis penyu yang ada di Indonesia adalah Penyu hijau (Chelonia mydas), Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu belimbing (Dermochelys coriacea), Penyu pipih (Natator depressus) dan Penyu tempayan (Caretta caretta). Tukik adalah sebutan untuk anak penyu. Semangat intergenerasional, sinergi Teruna & Pelayan PT, didukung penuh oleh Ibu/Bapak/Opa/Oma/Kakak Pemuda dan adik PA sangat terasa pada kegiatan ini.


Foto Bersama di Konservasi Tukik Nagaraja Cilacap

Sumber: Dokumentasi DPT



Saat yang paling ditunggu adalah ketika senja mulai tiba, dari lokasi konservasi menuju tepi Pantai Sodong untuk melakukan pelepasliaran sebanyak 10 (sepuluh) tukik ke alam lepas. Sirip yang kecil itu mulai bergerak, dan tukik pun mulai merayap dari pesisir memasuki lautan luas. Semakin kagum akan kuasa Tuhan yang ajaib.



Pelepasliaran tukik ke lautan lepas

Sumber: Dokumentasi DPT


Hari Minggu, bersiap untuk IHMPT. Pelkat PT GPIB „Galilea“ Cilacap bersama Dewan PT mengikuti IHMPT bersama. PF pada IHMPT ini adalah kak Petra Tauran dengan sinergi petugas ibadah. Sangat bersyukur dapat mengikuti IHMPT bersama di Cilacap.

Tiba di akhir acara, mendengarkan pesan dan kesan dari Adik Angelia & Adik Syalom (mewakili Teruna), kak Norma Kirojan (mewakili Pelayan PT), Pdt. Rocky Samuel Karinda, S.P., S.Si (Teol), M.Th (mewakili PHMJ), dan Kak Linda Langi (mewakili Dewan PT).


IHMPT bersama pada hari Minggu, 22 Oktober 2023

Sumber: Dokumentasi DPT


Demikian 2 (dua) hari kegiatan bersama yang penuh makna. Semua bersatu hati mengungkapkan kepedulian terhadap lingkungan dengan kegiatan ini. Kegiatan kebersamaan untuk menghadirkan damai sejahtera bagi seluruh ciptaanNya.-PP


Penyu Sisik, Penyu Tempayan

Tukik dilepas ke laut merayap

Visitasi Dewan PT telah dilakukan

Terima kasih dan sampai jumpa lagi, Cilacap!


-Soli Deo Gloria-

bottom of page