WAR AND LOVE


Ulangan 20 : 19

19 Apabila dalam memerangi suatu kota, engkau lama mengepungnya untuk direbut, maka tidak boleh engkau merusakkan pohon-pohon sekelilingnya dengan mengayunkan kapak kepadanya; buahnya boleh kaumakan, tetapi batangnya janganlah kautebang; sebab, pohon yang di padang itu bukan manusia, jadi tidak patut ikut kaukepung.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974,2018.


Sobat Teruna, ketika terjadi peperangan, selain gudang senjata, pastilah juga ada gudang tempat penyimpanan makanan. Gudang makanan ini untuk suplai makanan kepada para tentara yang sedang berjuang. Apa jadinya kalau gudang makanan tersebut dibom oleh pihak musuh? Tentunya tentara akan kelaparan dan bisa jadi mereka akan kalah berperang. Jadi, mudah sekali untuk mengalahkan orang. Buat dia kelaparan!


Sobat Teruna, inilah yang diingatkan Allah dalam bacaan Alkitab hari ini. Allah begitu kerasnya memerintahkan Bangsa Israel untuk tidak boleh merusak pepohonan yang menghasilkan makanan ketika sedang berperang, sekali pun mereka memerlukan kayu-kayu untuk mengepung kota musuh. Tentu saja ini dilakukan supaya bahan pangan tetap terjaga. Bisa dibayangkan, dalam kondisi perang pun, Allah tetap mengingatkan umat-Nya untuk memelihara alam agar mereka tetap terpelihara. Sungguh Allah sangat peduli pada ciptaan-Nya. Kalau Allah peduli, masakan kita tidak?


Sobat Teruna, sepertinya kita harus meminta pengampunan kepada Allah di dalam pengelolaan lingkungan hidup. Allah menyuruh umat-Nya tetap mengasihi pepohonan ketika sedang berperang. Mengapa sekarang kita malah merusaknya, ketika tidak ada peperangan? Kita membuang sampah plastik sembarangan, memakai kertas dan tisu secara berlebihan, merusak pepohonan hanya demi kepuasan dan banyak hal bodoh lainnya yang dilakukan. Padahal alam tidak pernah berbuat salah kepada kita. Mereka diberikan Allah untuk memelihara dan memenuhi kebutuhan hidup kita. Apa jadinya kalau semua pepohonan tidak lagi menghasilkan buahnya untuk kita makan? Mari, mulai sekarang kita berjanji untuk memperlakukan pepohonan dengan baik. Kita rawat dan pelihara pepohonan dengan penuh kasih, ada atau tidak ada perang. Karena pepohonan juga dipakai Allah untuk menjaga keberlangsungan hidup kita. (LLS)



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Mohon ampunilah aku ya Allah, yang sering kali merusak pepohonan. Tolong ajar aku untuk lebih sungguh-sungguh merawat pepohonan karena itu adalah ciptaan-Mu juga.