top of page

WASPADALAH TERHADAP SEGALA BERITA


 

Filipi 3 : 1-4a


1a Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah dalam Tuhan. 1b Menuliskan hal ini lagi kepadamu tidaklah berat bagiku dan memberi kepastian kepadamu. 2 Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu, 3 karena kitalah orang-orang bersunat, yang beribadah oleh Roh Allah, dan bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah. 4 Sekalipun aku juga ada alasan untuk menaruh percaya pada hal-hal lahiriah.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


 


Paulus mengecam dengan keras orang-orang yang berusaha menyesatkan jemaat dengan ajaran yang palsu. Ia menasihati jemaat agar berhati-hati terhadap para pekerja yang jahat itu. Mereka adalah orang Kristen yang masih berpegang teguh pada hukum Taurat. Mereka menekankan agar semua tuntutan hukum Taurat dilakukan untuk memperoleh keselamatan. Contohnya sunat. Paulus mengambil latar belakangnya sebagai seorang Yahudi yang taat pada hukum Taurat. Setelah ia mengenal Kristus, tuntutan hukum Taurat bukanlah sesuatu yang istimewa lagi. Kebenaran yang sejati itu bukanlah percaya bahwa keselamatan diperoleh dengan menaati hukum Taurat, melainkan beriman sungguh-sungguh kepada Kristus. Bagi Paulus, sunat yang benar bukanlah yang lahiriah terjadi pada daging melainkan yang di dalam hati secara rohani (Rm. 2:28-29).



Salah satu tantangan dunia saat ini bahkan sampai seterusnya adalah adanya orang-orang yang berusaha mengaburkan berita Injil yang murni (Alkitabiah) dengan berbagai tafsiran bebas terhadap Alkitab. Mereka menafsir ayat-ayat Alkitab sepenggal-sepenggal. Mereka tidak membaca Alkitab sebagai satu kesatuan yang utuh dan memiliki benang merah untuk menghubungkan satu bagian dengan yang lainnya. Mereka juga suka meyakinkan orang banyak dengan mengatakan mendapat penglihatan. Lalu mengklaim bahwa mereka telah mendapat kebenaran yang diajarkan kepada orang lain.


Sobat Teruna, bukan hanya Injil yang dapat dikaburkan kebenarannya melainkan juga berita seputar kehidupan dunia. Ya, banyak berita dipenuhi hoaks yang tidak bertanggungjawab sehingga menimbulkan kekacauan, pertikaian bahkan mendatangkan penderitaan. Oleh karena itu, mari rajin membaca Alkitab secara utuh agar kita tidak mudah ditipu. Mari menggunakan kecanggihan digital untuk menemukan informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan agar kita tidak mudah diperdaya dan ditipu. (EJRZ)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan, tolong ajar dan mampukanlah aku untuk mampu memfilter setiap berita yang kuterima agar tidak tersesat.


Kommentarer


bottom of page