YESUS, JURUSELAMATKU


1 Yohanes 4 : 13-16


13 Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya. 14 Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. 15 Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. 16 Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Setiap orang Kristen memiliki satu keyakinan. Mereka percaya bahwa Yesus adalah satu-satunya Juruselamat dunia. Apakah artinya bagi kita secara pribadi jika dikatakan bahwa Yesus adalah satu-satunya Juruselamat di dunia sekarang ini maupun di kehidupan yang akan datang?


Surat I Yohanes kembali menyatakan bahwa kedatangan Yesus Kristus ke dunia semakin menegaskan ketidakmampuan dan ketidakberdayaan manusia untuk melakukan kebenaran serta kebaikan dalam kehidupan ini. Manusia membutuhkan uluran tangan Allah untuk mengangkat mereka ke atas. Manusia pun membutuhkan pembebasan dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang membelenggu diri mereka sendiri. Mengapa demikian? Karena kuasa dosa begitu kuat melilit hati manusia. Itu hanya dapat diputuskan oleh kuasa Allah di dalam dan melalui Yesus Kristus.


Sobat Teruna, pernyataan bahwa Yesus adalah satu-satunya Juruselamat di atas adalah suatu penegasan iman tentang dua hal. Pertama, pernyataan ini mau menegaskan kepada dunia tentang inti iman dan ajaran Kristen bahwa tidak ada Allah lain kecuali Yesus Kristus yang selalu berelasi erat dan terikat dengan Bapa juga Roh Kudus. Ketiganya biasa disebut Allah Tritunggal. Kedua, Yesus adalah satu-satunya Juruselamat juga mau menegaskan kepada dunia bahwa tidak ada juruselamat lain, kecuali Yesus Kristus yang disaksikan Alkitab.


Juruselamat adalah sosok andalan utama dalam kehidupan, bukan ilmu pengetahuan dan teknologi, apalagi harta kekayaan. Juruselamat juga bukan jabatan dan seseorang yang kita banggakan. Juruselamat juga bukan segala kemampuan manusia dalam melaksanakan hukum-hukum Allah yang dihayati sebagai kebenaran maupun kebaikan, misalnya kasih. Sebab hukum-hukum Allah adalah norma-norma kehidupan (nilai-nilai Kerajaan Allah) yang mesti diberlakukan oleh orang-orang yang telah diselamatkan oleh Yesus Kristus. Bersyukurlah Yesus Kristus bersedia menjadi Juruselamat. (JYK)





Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Allah Tritunggal mohon berilah kami keteguhan hati untuk tetap meyakini firman-Mu bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya Juruselamat dan mensyukurinya dengan mengikuti Dia selamanya.