top of page

YESUS MENGAJARKANKU KEMURAHAN HATI






 


Filemon 1 : 1 – 7


1 Dari Paulus, seorang hukuman karena Kristus Yesus dan dari Timotius saudara kita, kepada Filemon yang kekasih, teman sekerja kami

2 dan kepada Apfia saudara perempuan kita dan kepada Arkhipus, teman seperjuangan kita dan kepada jemaat di rumahmu:

3 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.

4 Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku,

5 karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus.

6 Dan aku berdoa, agar persekutuanmu di dalam iman turut mengerjakan pengetahuan akan yang baik di antara kita untuk Kristus.

7 Dari kasihmu sudah kuperoleh kegembiraan besar dan kekuatan, sebab hati orang-orang kudus telah kauhiburkan, saudaraku.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 

Bunda Teresa adalah seorang biarawati Katolik di Kolkata, India. Lebih dari 45 tahun ia melayani orang miskin, sakit, yatim piatu dan orang yang sangat membutuhkan pertolongan. Bunda Teresa melakukan semua kebaikan ini dengan penuh kemurahan hati dan tanpa mengharapkan balasan. Murah hati dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suka (mudah)memberi; penyayang dan pengasih; suka menolong; dan baik hati. Sifat murah hati ini menunjukkan bahwa kita mengasihi sesama manusia dengan tulus. Rasul Paulus memuji kemurahan hati Filemon.


Dalam bacaan Alkitab hari ini, Paulus menyampaikan salam dan doanya kepada Filemon dan seluruh jemaat yang berkumpul di rumah Filemon. Dalam suratnya ini, Paulus bersyukur kepada Tuhan karena sifat murah hati yang dimiliki oleh Filemon. Filemon mengasihi semua orang kudus (jemaat) karena imannya kepada Tuhan Yesus. Selain memuji kemurahan hati Filemon, Rasul Paulus juga mendoakan agar persekutuan mereka di dalam iman turut mengerjakan pengetahuan akan yang baik di antara mereka untuk Kristus.


Sobat teruna, Yesus telah menunjukkan kemurahan hatinya kepada kita semua. Kemurahan hati Yesus nampak dalam belas kasih-Nya kepada kita. Sekarang, kita harus melanjutkan apa yang diteladankan oleh Yesus. Mari menunjukkan kemurahan hati kita kepada adik / kakak, orang tua, guru , dan teman – teman kita. Contoh sikap murah hati ialah : 1. Menolong teman yang kesusahan ; 2. Mengajarkan teman yang kesulitan memahami materi pelajaran; 3. Membantu orang tua dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga (menyapu, bersih- bersih dan lain sebagainya); 4. Menolong adik mengerjakan PR.; 5. Mendoakan teman yang sakit. Melalui kemurahan hati kita Allah dipuji dan dimuliakan. MPB


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


“Ya Bapa, ajarlah aku untuk dapat bersikap murah hati kepada sesamaku.”



Comentarios


bottom of page