YESUS TERANG DUNIA



 

Yohanes 8 : 12

12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: ”Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, terang sangat berpengaruh pada kehidupan. Menurut penelitian, bila bumi tidak mendapatkan terang dan berada dalam kegelapan terus menerus, maka kehidupan pun berangsur-angsur punah. Tumbuhan tidak dapat berfotosintesis, oksigen pun semakin menipis. Tentu dampaknya dapat dirasakan oleh semua makhluk hidup.


Yesus Kristus menyebut diri-Nya sebagai “Terang dunia.” Pernyataan Yesus Kristus ini memiliki makna yang sangat dalam. Yesus Kristus bukan hanya memberi kesaksian mengenai siapa diri-Nya, namun juga penegasan tentang makna kehadiran-Nya. Sebagai Terang dunia, Yesus Kristus datang untuk menerangi kehidupan manusia dan seluruh ciptaan. Yesus Kristus menerangi dunia dari kegelapan akibat dosa-dosa manusia. Kegelapan yang tercipta akibat pemberontakan dan kejahatan manusia, mengakibatkan manusia dikuasai oleh dosa. Kejahatan manusia mengakibatkan dirinya terpisah dari Allah sehingga berada di bawah kekuasaan hukuman dosa, yaitu maut.


Yesus Kristus datang ke dalam dunia sebagai Terang yang menyelamatkan manusia dari kuasa dosa. Yesus Kristus berasal dari Allah Bapa dan menjelma menjadi manusia agar mereka mengenal kasih karunia-Nya yang menyelamatkan. Yesus Kristus datang untuk membawa manusia dalam kehidupan yang sejati. Kehidupan yang tidak berada di bawah kuasa dosa, melainkan dalam kasih karunia Allah yang menghidupkan. Kedatangan Yesus Kristus ke dunia adalah bukti cinta kasih sejati dari Allah yang tidak ingin ciptaan-Nya binasa dalam dosa.


Kita yang telah diselamatkan, diberi karunia menjadi pribadi yang menghadirkan kasih yang menyelamatkan di tengah dunia ini. Mari kita hidup sebagai ‘anak-anak terang’ yaitu pribadi yang taat melakukan Firman Allah di mana pun berada. Dengan melakukan pengajaran Yesus Kristus, lingkungan di sekitar kita dapat mengenal kasih-Nya yang menyelamatkan dunia dan menjadi percaya kepada-Nya. (DSAB)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Kristus, tolonglah aku menjadi pribadi yang menyatakan ‘terang-Mu’ dengan taat melakukan kehendak-Mu.