top of page

YOU GET WHAT YOU DESERVE






 


1 Samuel 22 : 10-11


10. Ia menanyakan TUHAN bagi Daud dan memberikan bekaL kepadanya; juga pedang Goliat, orang Filistin itu, diberikannya kepadanya."


11. Lalu raja menyuruh memanggil Ahimelekh bin Ahitub, imam itu, bersama-sama dengan seluruh keluarganya, para imam yang di Nob; dan datanglah sekaliannya menghadap raja.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Sobat Teruna, mungkin pernah mendengar ungkapan setiap tindakan pasti punya konsekuensi dan dampak·. Ungkapan ini sering dipakai sebagal nasihat agar orang berhati-hati dalam mengambil keputusan atau memilih apa yang baik bagi dirinya.


Setiap pilihan atau keputusan pasti membawa dampak. baik itu dampak yang baik atau dampak yang buruk. Setiap pilihan atau keputusan pasti akan berdampak bagi dirinya. Tindakan Imam Abimelekh dalam membantu Daud sejatinya merupakan tindakan yang baik. Tetapi karena diperhadapkan dengan Raja Saul yang sangat ingin membunuh Daud, maka tindakan yang baik itu dinilai salah oleh Raja Saul dan pengawalnya. Akibatnya, Imam Abimelekh beserta keluarga dipanggil untuk diadili di hadapan Raja Saul.


Sobat Teruna, Firman Tuhan di hari ini ingin mengingatkan bahwa setiap tindakan yang akan dilakukan bisa membawa dampak bagi diri dan orang lain di sekeliling, seperti orang tua, saudara, atau teman kita. Contoh sederhana, ketika Adi mencuri di sekolah, maka orang tuanya akan dlpanggil oleh guru, teman-temannya juga bisa saja dikucilkan. Perbuatan yang Adi lakukan berdampak tidak hanya bagi dirinya tetapl bagi orang tua dan temannya.


Oleh karena itu, kita harus belajar berhati-hati dalam setiap pilihan dan tindakan yang akan dilakukan. Pertimbangkanlah setiap dampak dari perbuatan yang akan dilakukan atau perkataan yang akan diucapkan. Pikirkanlah dampaknya untuk diri kita atau orang orang di sekeliling. Tindakan yang baik tentu akan mendatangkan kebaikan. Sebaliknya, tindakan yang buruk tentu akan mendatangkan hal buruk Juga, seperti judul renungan ini "You Get What You Deserve· so let's do our best!" (ARP)

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Lengkapi aku dengan hikmatMu, ya Tuhan supaya aku dapat memilih dan melakukan apa yang baik juga bagi orang-orang yang kucintai.





Comments


bottom of page