DENGAN IMAN, SEMUA DAPAT DITAKLUKKAN


Ibrani 11 : 29-34

29 Karena iman maka mereka telah melintasi Laut Merah sama seperti melintasi tanah kering, sedangkan orang-orang Mesir tenggelam, ketika mereka mencobanya juga. 30 Karena iman maka runtuhlah tembok-tembok Yerikho, setelah kota itu dikelilingi tujuh hari lamanya. 31Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik. 32 Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi, 33 yang karena iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, mengamalkan kebenaran, memperoleh apa yang dijanjikan, menutup mulut singa-singa, 34 memadamkan api yang dahsyat. Mereka telah luput dari mata pedang, telah beroleh kekuatan dalam kelemahan, telah menjadi kuat dalam peperangan dan telah memukul mundur pasukan-pasukan tentara asing.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Jika Sobat Teruna diminta untuk menyebutkan hal-hal yang ingin diperoleh dalam hidup ini, pasti ada begitu banyak ya. Nah, sekarang coba sebutkan 5 (lima) keinginan Sobat Teruna untuk saat ini:


1. ………………………………

2. ………………………………

3. ………………………………

4. ………………………………

5. ………………………………


Kemudian coba sebutkan juga 5 (lima) keinginan Sobat Teruna untuk 5 (lima) tahun mendatang:

1. ………………………………

2. ………………………………

3. ………………………………

4. ………………………………

5. ………………………………


Sobat teruna, di dunia ini ada banyak bentuk keinginan. Keinginan yang berkaitan dengan kebutuhan sekolah, makanan atau minuman, juga karena hobi tertentu, dll., bahkan ada keinginan untuk memiliki apa yang dimiliki teman. Ya, semua keinginan, jika memang diperlukan dan menyangkut kebutuhan, hal itu tidak salah. Namun, keinginan yang melebihi kemampuan untuk dipenuhi orangtua maupun diri sendiri atau yang tidak menjadi sesuatu yang utama, bahkan berlebihan, itulah yang menjadi masalah. Karena keinginan-keinginan tersebut dapat menggangu hidup kita.


Iman kepada Allah membuat kita yakin bahwa Dia akan memenuhi setiap kebutuhan kita. Dalam pemahaman saat ini dapat dikatakan bahwa iman sebagai bentuk untuk menahan segala keinginan yang muncul dari diri kita. Keinginan yang berlebih mampu dikendalikan dengan iman. Iman yang dapat menaklukkan segala hal yang tidak baik dan melakukan hal yang benar. Iman mampu melakukan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan, agar terlepas dari keinginan yang tidak perlu. Para tokoh iman yang diceritakan dalam Kitab Ibrani mengungkapkan banyak hal yang tidak mungkin mereka lakukan. Namun, karena iman kepada Allah, semua dapat ditaklukkan dengan kehendak-Nya. Milikilah iman yang mengendalikan diri dari setiap keinginan yang berlebih.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Kristus, tolong lepaskan aku dari keinginan diri yang menyesatkan.