GAMER CERDAS



 

1 Korintus 10 : 23-24

23 ”Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. ”Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun. 24 Jangan seorang pun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Game online sudah pasti sangat digemari oleh para remaja termasuk Sobat Teruna. Begitu diminatinya, sehingga banyak orang tua yang khawatir jika anaknya menjadi ketagihan main game. Apakah game online itu selalu berdampak negatif? Tentu saja tidak. Ternyata banyak hal positif yang didapat darinya, antara lain: mengusir stres, mengasah aktivitas otak, meningkatkan nilai sportifitas, menumbuhkan mental kerjasama (teamwork) yang baik, dll., asalkan dikonsumsi secara baik dan seimbang. Para remaja pencinta game online dituntut untuk menjadi “gamer cerdas” yang tidak melupakan tanggung jawab utamanya sebagai seorang pelajar dan mengambil semua intisari positif dari pengalaman bermain game tersebut.


Sobat Teruna, dalam hidup ini banyak pilihan terbentang di depan kita. Kita diperbolehkan untuk memilih, tetapi pastikan bahwa yang dipilih itu berguna serta membangun diri sendiri dan orang lain (ayat 23). Janganlah kita mencari untung sendiri, tetapi carilah keuntungan untuk orang lain juga (ayat 24).


Sobat Teruna, masa remaja adalah masa yang indah, sangat berwarna dan penuh dinamika. Kita bebas untuk berkreasi, bermain dan memperluas jaringan pertemanan. Namun apa pun bentuk aktivitas yang kita lakukan (olah raga, games, seni, kegiatan sosial, dll.) pastikan itu dapat berguna untuk membangun diri sendiri dan orang lain. Hal itu sama seperti seorang “gamer cerdas” yang memanfaatkan game untuk hal-hal positif bagi dirinya maupun perkembangan karakter orang lain lewat kerjasama tim yang dibangun. Begitu pun peranan kita di dalam melakukan segala bentuk aktivitas lainnya. Rajinlah berdoa dan membaca Alkitab setiap hari, supaya Tuhan memberikan hikmat yang mendatangkan sukacita serta damai sejahtera bagi kita juga orang lain di sekitar. (VS)

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, mohon berikan aku kebijaksanaan untuk membuat pilihan yang benar dalam hidupku, sehingga dapat membangun diriku menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.