Liburanku KeRen (Kreatif dan Enerjik)


Asyik…. libur telah tibaa… Semua orang menantikan libur. Apalagi di tahun 2018 ini libur kenaikan kelas sekaligus dijadikan satu dengan libur Lebaran menjadikannya libur panjang.

Libur memang diperlukan untuk rekreasi, melepas kepenatan, quality time dengan keluarga, dan masih banyak lainnya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan. Yuk kita lihat tips liburan keren ala Teruna GPIB yang berhasil dihimpun oleh tim redaksi.

Untuk Pribadi Soba Teruna :

1. Bible Reading Challenge, Memorizing Golden Verse, and Bible Journaling

Yep benar sekali. Liburan sekolah bukan berarti libur membaca Firman Tuhan kan? Selain membaca dari SBTH, Sobat Teruna bisa melakukan challenge lainnya, seperti “Membaca Perjanjian Lama”, “Membaca Kitab Nabi-nabi Kecil”, “Membaca Kitab Sejarah”, dan masih banyak lainnya. Sobat teruna bisa riset berbagai tema lainnya dari berbagai sumber seperti Lembaga Alkitab Indonesia, The Bible Project atau The Upper Room.

*untuk the Bible Project dan The Upper Room ditulis dalam bahasa Inggris, tenang saja Sobat Teruna, dengan kecanggihan teknologi soba teruna mampu menerjemahkan laman seperti http:// www.indotranslate.com/translate-website.php

Selain Bible Reading Challenge, Sobat Teruna pun bisa juga mulai menghafalkan ayat-ayat emas yang terdapat di dalam bacaan Alkitab yang telah dibaca. Dan lebih kerennya lagi bagi Sobat Teruna yang memiliki talenta dalam menggambar dan juga mewarnai, bisa memulai bible journaling (silakan di google ya).

Tentunya jangan lupa untuk berdoa dan mohon bimbingan Roh Kudus supaya segala firman yang dibaca mendatangkan sukacita, pengharapan, dan pertumbuhan iman bagi Sobat Teruna.

2. Belajar Bahasa Baru

Seorang dosen pernah berkata, jika kamu ingin pandai berpuisi, belajarlah bahasa Inggris, jika kamu ingin pandai romansa, belajarlah bahasa Spanyol, dan jika kamu ingin pandai berpolitik belajarlah bahasa Perancis.

Banyak penelitian yang menyarankan bahwa dengan belajar bahasa baru akan membantu performa kerja otak seseorang dan memiliki kemampuan untuk fokus lebih baik daripada orang yang hanya memiliki kemampuan 1 bahasa.

Sobat teruna, di zaman globalisasi sekarang ini, alangkah baiknya kalau kita mampu berbahasa minimal 2 bahasa. Dengan internet yang mudah diakses, kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Mulailah dari mempelajari kata-kata sederhana di hari liburanmu ini.

3. Belajar Instrumen Musik

Bagi sobat teruna yang hobi bermain musik, ini saatnya bagi kita untuk belajar lebih lagi tentang musik. Bagi yang belum, liburan ini dapat dipakai sebagai waktu untuk mulai belajar dasar dasar bermain musik. Selain itu, bagi yang sudah mahir, ayo kembangkan talenta musikmu dengan belajar membuat lagu dengan not angka / not balok.

Sobat teruna bisa meminta tolong sobat teruna lainnya di gereja atau kakak pelayan untuk memberikan kursus kilat atau bahkan bisa diteruskan

Anak Tuhan yang bermain musik itu keren! Berlatihlah dan gunakan talenta musikmu untuk memuliakan Tuhan!

4. Membuat Prakarya DIY

Do It Yourself - ya, banyak sekali tips DIY yang bisa kita jumpai mulai dari website kreatif, blogger, youtube, pinterest, instagram, facebook, dst. Ketika menonton video DIY sudah seru, apalagi ketika kita membuatnya menjadi prakarya pribadi.

Sobat teruna bisa memulai dari yang simpel, seperti dekorasi kamar dengan foto dan “quotes” keren sebagai motivasi, buku agenda tahun ajaran baru, atau membuat kolase foto keluarga untuk dipajang di ruang tamu.

5. Hunting Photo Tematik

Nah, bagi sobat teruna yang hobi untuk berfoto ria entah itu selfie atau foto objek, di liburan nan panjang tahun ini, sobat bisa membuat project hunting photo bertemakan hal-hal unik. Misalnya, “All About Blue” - semua objek yang berwarna biru akan sobat teruna post di laman sosial media sobat. Bisa juga “Me and My Holiday” - semua photo selfie sobat di berbagai objek wisata sambil memegang properti foto “MyHoliday2018”. Pasti akan lebih seru.

6. Mencoba Olahraga Baru

Terkadang liburan bisa menjadi ajang untuk bermalas-malasan di rumah. Tetapi sebagai teruna GPIB, kita tetap harus menjaga kesehatan tubuh (jangan kesehatan iman saja). Ingatlah “mens sana in corpore sano”. Jika sobat teruna sudah bosan dengan jogging track yang itu-itu saja, mungking bisa cari jogging track yang lain. Atau bisa memulai olahraga baru seperti trapolline, berenang, futsal, pilates dan yoga (lewat youtube), dan masih banyak olahraga lainnya. Bahkan banyak juga di beberapa tempat olahraga yang menyediakan kursus memanah dan menembak (bukan untuk beneran ya sobat).

Lalu ada juga nih hal-hal yang bisa sobat teruna lakukan bersama sesama teman PT di jemaat masing-masing seperti di bawah ini:

  1. Mengunjungi Orang-orang Terdekat, Sakit, Orang Tua di sektor yang kalian tinggali

  2. Mengadakan mini concert atau pentas teater setelah IHMPT.

  3. Mengadakan youth fellowship - sharing session dengan makan malam bersama (BBQ-an, sosis dan bakso bakar plus minuman ringan) di salah satu rumah sobat teruna.

Sudah gag sabar pastinya kan sobat teruna sekalian! 😄

Pasti sekarang sobat teruna sudah memiliki segudang rencana dan Rekam perjalanan liburan atau aktifitas seru liburan ini dan awal tahun ajaran baru sobat teruna dalam bentuk photo, video, beserta penjelasan singkat makna di balik aktifitas tersebut. Dengan membubuhkan logo pelkat PT plus hasthag #liburanterunakeren dan #liburankuliburankeren kirimkan ke email dpt@terunagpib.org. selambat-lambatnya 31 Agustus 2018.

Let’s having fun! God bless!

*sssst bagi yang mengirimkan kegiatan liburan yang unik dan lain daripada yang lain akan mendapatkan hadiah unik dari tim redaksi*